Ilustrasi sedekah
Ilustrasi sedekah ( SHUTTERSTOCK.COM )

Ayo Sedekah, Agar Panjang Umur Dan Terhindar Dari Hipertensi

30 Oktober 2020 08:39 WIB

SonoraBangka.id - Orang akan lebih bahagia jika aktif dalam kegiatan sosial seperti memberi sumbangan dan menjadi sukarelawan.

Tapi tak hanya itu, ternyata melakukan aktifitas sosial ataupun memberi sumbangan juga baik untuk kesehatan fisik.

Sebuah penelitian menunjukkan, memberi dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Manfaat kesehatan yang didapat antara lain tekanan darah lebih rendah, peningkatan harga diri, mengurangi depresi dan stres, serta hidup lebih lama.

Berikut ulasan lebih lanjutnya.

1. Tekanan darah

Saat memberi, entah itu dalam bentuk sumbangan maupun dukungan emosional, ada kebahagiaan dan kepuasan yang lebih besar.

Rasa gembira itu dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisik seseorang.

Penelitian menyebutkan, orang yang memberikan dukungan sosial kepada orang lain memiliki tekanan darah yang lebih rendah.

Hal ini dikaitkan dengan pencegahan hipertensi dan membuat kesehatan arteri koroner (pembuluh darah di jantung) lebih baik.

Para peneliti juga mengatakan, orang yang memberikan waktunya untuk membantu orang lain memiliki harga diri yang lebih tinggi.

Bahkan mereka jarang mengalami depresi dan tingkat stresnya jauh lebih rendah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm