Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual. (Youtube/Maxresdefault)
Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual. (Youtube/Maxresdefault) ( kompas.com)

Kebiasaan Jelek Dari Pemula Saat Mengemudikan Mobil Transmisi Manual

3 November 2020 19:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Bisa Mengemudikan mobil merupakan keahlian yang terus bisa diasah. Ada beberapa kebiasaan jelek dari pemula saat mengemudikan mobil transmisi manual, salah satunya yaitu menginjak kopling saat mobil berjalan di jalanan yang lancar.

Seharusnya, kopling hanya diinjak ketika mau berhenti atau terjebak di kemacetan. Tapi, ada saja kebiasaan menginjak kopling saat jalanan lancar, harapannya agar mobil mulus berjalan, tidak terlalu bergetar.

Sony Susmana sebagai Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, pengemudi pemula yang melakukan hal ini dikarenakan takut gerakan mobil yang tersendat-sendat, padahal jika dilakukan, akan punya banyak kerugian.

“Jika menginjak kopling saat jalanan lancar, lari kendaraan menjadi tidak terkendali alias free wheel. Kerja rem juga jadi lebih semakin berat ketika akan berhenti,” ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (2/11/2020).

Ditambahkan Sony, untuk kendaraannya sendiri, kopling jadi lebih cepat habis. Kemudian bila menjadi kebiasaan, nantinya akan berakibat buruk terhadap reaksi ketika mau melakukan rem mendadak atau emergency brake.

“Ketika panik nanti malah injak kopling duluan, sehingga yang harusnya dibantu dengan engine brake, ini malah jadi hilang. Emergency brake sendiri harus dibantu dengan engine brake,” kata Sony.

Sony berpesan, pengemudi pemula wajib memahami operasional kendaraannya dengan benar. Sebab bila salah pengoperasiannya, pasti ada konsekuensinya, sehingga harus diubah agar risiko kecelakaan bisa ditekan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebiasaan Jelek Pengemudi Pemula yang Memakai Transmisi Manual", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/03/104200515/kebiasaan-jelek-pengemudi-pemula-yang-memakai-transmisi-manual.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm