Ilustrasi membunyikan klakson. (Shutterstock)
Ilustrasi membunyikan klakson. (Shutterstock) ( kompas.com)

Apa Perlu Membunyikan Klakson Sebelum Kendaraan Melaju?

6 November 2020 22:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Mengemudikan kendaraan roda empat tidak sekadar menyalakan mesin dan langsung tancap gas.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang pengemudi sebelum mobil melaju di jalan raya. Salah satu yang perlu dilakukan oleh pengemudi, yaitu membunyikan klakson sebelum mulai berjalan.

Klakson merupakan salah satu alat komunikasi bagi pengemudi dengan pengemudi lain atau pengguna jalan lain.

Sony Susmana dari Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI)  mengatakan, membunyikan klakson sebelum mobil mulai berjalan cukup penting.

Dengan suara klakson maka bisa sebagai peringatan kepada pengguna jalan lain bahwa ada kendaraan yang akan melaju.

Sehingga, pengguna jalan lain bisa menghindar atau minggir dari jalan yang akan dilewati kendaraan.

“Membunyikan klakson sebelum melaju salah satu alasannya adalah keamanan, membunyikan klakson agar ada yang mendengar dan menjauh dari kendaraan,” kata Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kebiasaan membunyikan klakson mobil sebelum berjalan ini disarankan dilakukan di lokasi parkir dan tidak lingkungan tempat ibadah atau pun di kawasan rumah sakit. 

Menurutnya, selama ini tidak sedikit kejadian tabrakan yang disebabkan karena kendaraan yang melaju tidak terdeteksi oleh pengguna jalan lain.

Hal ini bisa dihindari dengan kebiasaan membunyikan klakson sebelum kendaraan melaju.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm