Ilustrasi AC mobil (djedzura)
Ilustrasi AC mobil (djedzura) ( kompas.com)

Kenali Tanda-tanda Freon AC Mobil yang Mulai Habis

8 November 2020 18:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Komponen Fitur pendingin udara atau air conditioner ( AC), menjadi perangkat wajib untuk menunjang kenyamanan pengemudi maupun penumpang.

Salah satu elemen penting pada sistem AC, baik AC rumah ataupun mobil adalah refrigerant atau biasa disebut orang awam dengan kata freon.

Refrigerant merupakan gas pendingin yang berfungsi untuk mendinginkan udara. Sehingga kalau refrigerant habis, jelas akan membuat AC mobil tersebut tidak terasa dingin.

Hal yang sedikit membingungkan bagi para pemilik mobil adalah, gejala AC tidak dingin itu tak hanya disebabkan karena refrigerant habis, tapi ada juga faktor lainnya.

Lalu, bagaimana tanda-tanda refrigeramt mobil yang mulai habis?

- AC tidak dingin

“Salah satu tanda bahwa refrigerant AC mobil mulai habis adalah saat AC dinyalakan dinginnya berkurang atau yang keluar hanya angin, terutama pada siang hari. Biasanya juga disertai dengan aroma oli kompresor,” ujar Business Development Rotary Bintaro Kelvin Ong kepada Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

- Tidak ada refrigerant di sight glass

Ciri lainnya bisa ditelusuri dari sirkulasi pada AC mobil, yakni dengan memeriksa bagian sight glass yang biasanya terdapat pada dryer atau filter freon.

"Sight glass memang menjadi salah satu acuan untuk cek freon dari standar Denso. Tapi untuk mobil 2013 ke atas umunnya sudah tidak pakai sight glass," kata Kelvin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm