Ilustrasi hand mixer untuk mengaduk bahan kue.
Ilustrasi hand mixer untuk mengaduk bahan kue. ( SHUTTERSTOCK/ANTON CHERNOV)

Agar Awet Dan Tak Merusak mesin, Berikut Langkah Membersihkan Mixer

12 November 2020 08:29 WIB

SonoraBangka.id - Membersihakn mixer perlu teliti sampai bagian terkecil, sebab kotoran sehabis membuat kue dapat berada di bagian yang sulit dijangkau. Jika didiamkan, percikan tepung, lemak, telur di mixer, dapat menjadi kerak pada mixer. Kamu bisa mengikuti cara bersihkan mixer dari Taste of Home dan The Kitchn berikut. Selain mixer jadi lebih bersih, tentunya lebih awet karena kotoran tidak masuk ke bagian mesin.

Bahan dan alat yang diperlukan:

  • Sabun cuci piring
  • Soda kue
  • Kain mikrofiber atau katun
  • Sikat scrub kecil
  • Pembersih tusuk gigi atau sedotan

Langkah kerja:

  1. Setelah menggunakan stand mixer, lepaskan spatula. Letakkan spatula dalam mangkuk dan isi dengan air sabun hangat untuk merendamnya.
  2. Bilas komponen yang sudah direndam tersebut.
  3. Keringkan secara menyeluruh sebelum kembali menyimpannya. Cara ini akan mencegah munculnya jamur.
  4. Gunakan lap basah atau kain microfiber untuk menyeka badan dan kepala mixer setelah digunakan. Jangan pernah menggunakan pembersih semprot air atau handuk basah untuk membersihkan bagian ini sebab air dapat merusak motor di dalam kepala mixer meski dalam jumlah kecil.
  5. Kira-kira sebulan sekali, gunakan kapas atau sikat gigi bersih untuk membersihkan ventilasi pada mixer.

Ventilasi ini memungkinkan aliran udara ke motor dan penting untuk performa terbaik mixer. Kamu juga bisa mencelupkan sikat ke dalam air hangat dengan sedikit soda kue sebelum menggosok. Jika terdapat tumpukan kotoran yang keras, bersihkan dengan tusuk gigi. Ingat, ventilasi ini memiliki akses langsung ke motor mixer, jadi pastikan tidak ada air yang merembes ke dalamnya. Kapas atau sikat gigi harus dibasahi dengan larutan soda kue air, tidak direndam.

Pembersihan mixer untuk dua sampai tiga tahun sekali

  1. Lakukan pembersihan mendalam kurang lebih dua atau tiga tahun sekali. Gunakan sikat gigi kering atau sikat dapur khusus untuk membersihkan kotoran di sekitar kenop pada kepala mixer. Setelah kotoran dibersihkan, gunakan kain lembab untuk menyeka di sekitar kenop.
  2. Miringkan kepala mixer ke belakang dan bersihkan bagian bawahnya dengan kain lembab. Gunakan sikat gigi kering untuk mengikis kerak yang menempel dan bersihkan kembali dengan kain lembab.
  3. Sementara kepala mixer dimiringkan ke belakang, gunakan kapas untuk membersihkan celah bundar untuk poros pengocok.
  4. Pastikan juga untuk membersihkan kotoran di bantalan kaki mixer.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Bersihkan Mixer dengan Benar agar Tidak Rusak Mesin", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/11/220200975/cara-bersihkan-mixer-dengan-benar-agar-tidak-rusak-mesin?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm