Ilustrasi curanmor
Ilustrasi curanmor ( Tribunnews.com)

Kasus Curanmor di Pangkalpinang Meningkat, Ini Tips Aman dari Polisi

13 November 2020 09:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Beberapa bulan terakhir ini, kasus pencurian sepeda motor (Curanmor) di Pangkalpinang cukup meningkat.

Kejadian pencurian sepeda motor ini pun terjadi di mana-mana mulai di jalanan hingga di parkiran halaman rumah.

Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang, AKP Adi Putra mengakui berapa bulan ini Curanmor meningkat, peningkatan itu di dua bulan terakhir, Oktober dan November 2020.

"Karena meresahkan masyarakat, Tim Naga Polres Pangkalpinang saya maksimalkan kembali, untuk menelusuri spesial Curanmor di Wilayah Hukum Polres Pangkalpinang," Kata AKP Adi Putra, Kamis (12/11/2020).

 

Sementara itu, Kabag Ops Polres Pangkalpinang, AKP Johan Wahyudi mengimbau masyarakat, agar mengunci kendaraan dan menambah kunci tambahan pada kendaraan yang dimilikinya.

Menurutnya, hal ini berguna untuk mengantisipasi tindakan pencurian kendaraan ketika di parkir di depan rumah atau di tempat keramaian yang ada di Kota Pangkalpinang.

"Pakai kunci tambahan, dan jangan lupak mengunci stang kendaraan. Jangan parkir kendaraan sembarangan, lihat situasi jika di rasa aman, baru parkir," imbaunya.

Johan menuturkan, modus yang digunakan oleh para pelaku untuk mencuri motor pun bermacam-macam.

Biasanya, target yang diincar adalah motor yang ada di tempat sepi, kemudian pemilik lupa kunci stang dan parkir di sembarang tempat.

Namun, terkadang walaupun pemilik sudah melakukan berbagai upaya untuk mengamankan sepeda motornya, pelaku masih saja punya cara untuk mencuri.

Oleh sebab itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi, AKP Johan pun memberikan tips agar sepeda motor tak menjadi menjadi sasaran para pelaku Curanmor.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar bisa lebih berhati-hati dalam menempatkan kendaraannya," ujar  Johan.

Agar pengendara memarkirkan kendaraan, terutama motor di posisi paling dalam ruangan. Sebab maling biasanya akan mengincar motor yang paling pinggir karena bisa langsung dibawa pergi dengan cepat.

"Jadi kalau mau parkir, cari yang tempatnya agak pojokan," imbaunya.

Meski pun demikian, ia menyarankan menggunakan alat keamanan tambahan agar maling makin kesulitan saat beraksi. Alat keamanan tambahan yang paling mudah dan murah adalah gembok.

 

Pasang gembok pada lubang cakram atau rantai belakang dan depan motor.

Selain pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), kejahatan jalanan termasuk pencarian dengan kekerasan kerap terjadi.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm