Ilustrasi
Ilustrasi ( sajiansedap.grid.id)

Berikut Ini Tips Mengupas Kulit Telur Rebus Tanpa Merusak Telur

15 November 2020 11:22 WIB

SonoraBangka.id - Bahan makanan yang bisa kamu olah menjadi beragam masakan adalah telur, baik untuk camilan maupun makanan utama. Telur bisa kamu makan dengan direbus hanya dengan cukup menyiapkan air dan telur. Telur mengandung protein yang baik untuk tubuh. Namun, terkadang terdapat kendala saat mengupas telur rebus.

Kadang, telur menjadi hancur dan ikut terkelupas bersama kulitnya kalau cara mengupas tidak benar. Setelah dikeluarkan dari air, suhu telur yang panas akan membuatmu sulit untuk mengupasnya. Saat diwawancara oleh Kompas.com. Chef Aguk Prasetiyo selaku sous chef di Hotel Santika Cirebon membagikan tips mengupas kulit telur rebus tanpa merusak telur.Chef Aguk mengatakan bahwa kamu perlu memperhatikan proses merebus telur agar rebusan bagus.

Langkah penting adalah memasukkan telur setelah air mendidih. Rebus telur selama 10-15 menit, pastikan benar-benar matang. “Masukkan telur, setelah matang - ya kurang lebih tingkat kematangan 10 menit sampai 15 menit lah, biar benar-benar tanek, (lalu) angkat. Terus rendam di air dingin, atau di tempat kucuran air sambil di kupas,” jelas Chef Aguk.

Angkat telur dan rendam dalam air dingin atau air es. Maka, telur akan mengelupas dengan sendirinya. Kamu tinggal mengupas sisa-sisa kulit yang masih menempel. Ada cara lain dalam mengupas telur rebus. Setelah matang, angkat telur, dan kupas di bawah air mengalir. Air tidak perlu terlalu deras.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Kupas Telur Rebus agar Tidak Rusak, Tips dari Chef", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/14/113100375/cara-kupas-telur-rebus-agar-tidak-rusak-tips-dari-chef.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm