Kegiatan bimbingan teknis penyuluhan hukum yang diselenggarakan oleh DPC Apdesi Bangka Barat di Sol Marina Bangka Hotel & Conference Center, Rabu (18/11/2020).
Kegiatan bimbingan teknis penyuluhan hukum yang diselenggarakan oleh DPC Apdesi Bangka Barat di Sol Marina Bangka Hotel & Conference Center, Rabu (18/11/2020). ( Bangkapos.com/Sela Agustika)

Tingkatkan Kapasitas, DPC Apdesi Bangka Barat Gelar Bimtek Penyuluhan Hukum

18 November 2020 14:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bangka Barat mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) penyuluhan hukum di Sol Marina Hotel & Conference Center, Bangka Rabu (18/11/2020).

Kegiatan Bimtek tersebut mengusung tema peningkatan kapasitas pemerintah desa dan sosialisasi pemdes, PDTT No.13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021 dan koordinasi kesiapan pemerintah desa dalam penyelenggaraan pilkada serentak 2020 yang aman dan kondusif di wilayah Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung.

Kegiatan  Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu mulai hari Rabu (18/11/2020) hingga Kamis (19/11/2020).

 

Kegiatan ini diikuti sebanyak 163 orang peserta yang terdiri dari unsur kepala desa (Kades), perangkat desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ada di Kabupatan Bangka Barat.

Tujuan digelarnya kegiatan ini yakni untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas Kades, BPD serta aparatur desa lainnya terkait tugas pokok dan fungsi dalam aspek hukum penggunaan dana desa sesuai protokol undang-undang yang berlaku.

Kegiatan ini diisi oleh sejumlah narasumber, diantaranya yaitu Kejaksaan Negeri, Kepolisian Resor, Inspektorat, Dinas Sosial, Kesbangpol dan Satuan Polisi Pamong Praja di Kabupaten Bangka Barat.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Plt Bupati Bangka Barat Sahirman Djumli.

Sahirman menyebut, desa merupakan ujung tombak pembangun profesionalisme dan integritas perangkat desa sangat penting membangun desa.

"Keberhasilan pembangunan didesa tentu menjadi tolak ukur keberhasilan kabupaten selaku pembina," ungkap Sahirman.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan yang diselengaran oleh Apdesi ini sangat baik dalam mendukung pembangunan daerah.

"Tentunya kita berterimakasih kepada Apdesi Bangka Barat dengan pelaksanaan kegiatan ini karena diklat ini sangat penting untuk membangun silaturahim baik Kades, BPD, dan tokoh-tokoh di desa untuk saling bersinergi dalam melaksanakan unsur pemerintah dan pengelolahan keuangan daerah," ungkap Sahirman kepada Bangkapos, Rabu (18/11/2020).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm