Ilustrasi suku cadang dan komponen mobil (KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI)
Ilustrasi suku cadang dan komponen mobil (KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI) ( kompas.com)

Mobil Listrik Dapat Mematikan Industri Komponen Lokal

27 November 2020 21:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Memang Prospek kendaraan listrik di Indonesia cukup menjanjikan dan masih terbuka lebar. Kementerian Perindustrian bahkan menargetkan populasi kendaraan listrik mencapai 20 persen dari total penjualan nasional pada 2025.

Walau begitu, kendaraan listrik secara bertahap bisa memberangus bisnis komponen otomotif yang mendukung kendaraan konvensional.

Oleh karena itu, pemerintah harus mencari cara agar penjualan kendaraan listrik bisa merangkak naik. Sementara industri komponen otomotif bisa bertahan.

Riyanto sebagai Peneliti Senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM-UI) mengatakan, era kendaraan listrik dapat mematikan industri komponen jika pemerintah tidak melakukan pencegahan.

“Ini yang menjadi pemikiran bersama dengan adanya kendaraan listrik,” ujar Riyanto, dalam webinar (26/11/2020).

“Banyak industri komponen yang terdegradasi, karena komponen kendaraan listrik berbeda dengan kendaraan biasa,” kata Riyanto.

Menurut Riyanto, bila pemerintah tidak segera mengambil sikap, bukan tak mungkin sejumlah tenaga kerja bisa kehilangan pekerjaannya.

Paling tidak pemerintah harus punya cara agar industri komponen kendaraan konvensional dapat beralih cepat.

Sebelumnya, Taufiek Bawazier sebagai Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian mengatakan, industri otomotif memiliki kontribusi sekitar 10 persen terhadap perekonomian Indonesia.

“Saat ini jumlah tenaga kerja yang terserap oleh industri otomotif dan pendukungnya sekitar 1,5 juta orang,” ucap Taufiek, belum lama ini.

“Mulai dari pabrikan otomotif sampai pemasok komponen di bawahnya, termasuk diler, bengkel, hingga perusahaan pembiayaan,” ucap Taufiek.

Kalau era mobil listrik sudah menjamur, harus dihitung lagi berapa potensi kerugian industri otomotif dan pendukungnya. Di sisi lain, juga perlu diperhatikan terciptanya bisnis baru dari era mobil listrik ini, apakah bisa mengonpensasi kerugian atau justru bisa surplus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Listrik Menciptakan Ancaman Bagi Industri Komponen Lokal", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/27/082200415/mobil-listrik-menciptakan-ancaman-bagi-industri-komponen-lokal.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm