Ilustrasi Butter Cream
Ilustrasi Butter Cream ( dok. shutterstock/Delovely Pics)

Agar Tahan Lama, Berikut Cara Menyimpan Butter Cream Yang Benar

20 Desember 2020 06:58 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu jenis frosting yang biasanya digunakan untuk menghias kue adalah butter cream. Cara membuatnya mudah untuk diikuti serta bahan yang diperlukan juga gampang diperoleh. Sering kali, butter cream masih tersisa banyak setelah digunakan sebagai hiasan kue. Kamu bisa mengikuti cara simpan butter cream yang dikutip dari The Kitchn, berikut ini.

Simpan di kulkas

Menyimpannya di dalam kulkas adalah cara menyimpan butter cream yang paling mudah. Namun perlu diperhatikan, menyimpan butter cream di dalam kulkas hanya bisa dilakukan selama empat sampai lima hari ke depan. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan tempat penyimpanan butter cream di kulkas. Sebelumnya, simpan terlebih dahulu butter cream di wadah kedap udara. Kamu juga bisa menggunakan piping bag yang ujungnya tidak dipotong untuk wadah penyimpanan. Taruh butter cream di rak yang jauh dari daging ikan dan daging sapi. Lemak dalam butter cream dapat menyerap bau dan rasa dari bahan masakan tersebut sehingga butter cream menjadi rusak dan tidak bisa digunakan kembali.

Simpan di freezer

Untuk bahan makanan yang ingin disimpan dalam jangka waktu lama, freezer merupakan tempat penyimpanan paling ideal. Jika kamu ingin menyimpan butter cream hingga berbulan-bulan ke depan, kamu bisa menuangkan butter cream ke dalam wadah kedap udara. Kalau kamu merasa wadah kedap udara memakan banyak tempat, kamu bisa menuangkannya ke dalam zipper log bag. Menyimpan butter cream di dalam freezer bisa membuatnya awet hingga 3 bulan kedepan.

Cara mencairkan butter cream beku

Saat mau digunakan kembali, butter cream dari freezer. sebaiknya dicairkan. Dikutip dari Wilton.com, pindahkan butter cream beku dari freezer ke lemari es, sehari sebelum digunakan kembali. Biarkan butter cream mencair secara bertahap. Setelah dirasa sudah mencair, keluarkan, dan diamkan di suhu ruangan. Jangan dulu langsung digunakan, kamu masih perlu mengocoknya kembali agar hasilnya lebih mengembang. Mengocok kembali butter cream juga bisa menghilangkan gelembung udara kecil yang mungkin muncul saat dibekukan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Butter Cream, Bisa Tahan sampai 3 Bulan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/19/161100975/cara-simpan-butter-cream-bisa-tahan-sampai-3-bulan?page=all#page2.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm