Ilustrasi layanan konsultasi kesehatan secara online.
Ilustrasi layanan konsultasi kesehatan secara online. ( Shutterstock)

Selama Pandemi, Yuk Gunakan Layanan Kesehatan Digital Demi Kemudahan

21 Desember 2020 15:30 WIB

SonoraBangka.id - Di masa pandemi ini, dimana lonjakan penyebaran Covid-19 yang semakin tinggi serta ketersediaan tenaga medis terbatas, kita bisa memanfaatkan inovasi layanan kesehatan digital dengan optimal.

Melalui berbagai aplikasi kesehatan, kini akses untuk mendapatkan informasi kesehatan, berkonsultasi mengenai gejala penyakit, atau mencari obat bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

“Masyarakat seharusnya dapat memaksimalkan penggunaan layanan kesehatan digital.

Apalagi di masa pandemi masih banyak yang sakit dan tetap butuh layanan kesehatan,” kata perwakilan Sehatpedia Kementerian Kesehatan, Rico Mardiansyah.

Ia menambahkan, pemerintah mendukung inovasi teknologi di bidang kesehatan, seperti layanan telemedicine, peresepan obat secara elektronik, hingga apotek online.

Selama pandemi, kebanyakan masyarakat memang mengandalkan internet untuk mencari informasi seputar infeksi Covid-19, termasuk mengetahui gejala, pengobatan, dan juga pencegahannya.

Menurut data Google, virus corona merupakan topik pencarian terpopuler di tahun 2020, selain itu masyarakat juga banyak mencari berita-berita seputar Covid-19.

Beberapa aplikasi konsultasi kesehatan online juga mengalami lonjakan pertanyaan sepetuar gejala penyakit ini.

Aplikasi apotek online Lifepack & Jovee, juga mengalami peningkatan pemesanan obat dan vitamin.

Selain itu, melalui layanan pemesanan obat dengan aplikasi ini juga menawarkan konsultasi dokter secara gratis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Manfaatkan Layanan Kesehatan Digital Selama Pandemi", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/21/092455320/manfaatkan-layanan-kesehatan-digital-selama-pandemi.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm