Pertunjukan kembang api malam tahun baru 2020 di atas Harbour Bridge dan Opera House, Sidney, Australia, Rabu (1/1/2020). Seperti tahun-tahun sebelumnya, semarak pesta kembang api masih mendominasi perayaan malam pergantian tahun di berbagai belahan dunia.
Pertunjukan kembang api malam tahun baru 2020 di atas Harbour Bridge dan Opera House, Sidney, Australia, Rabu (1/1/2020). Seperti tahun-tahun sebelumnya, semarak pesta kembang api masih mendominasi perayaan malam pergantian tahun di berbagai belahan dunia. ( Kompas.com)

Lockdown Lagi, Warga Sydney Dilarang Nonton Langsung Pertunjukan Tahun Baru Opera House

30 Desember 2020 06:30 WIB

SonoraBangka.ID - Warga Sydney, tahun baru nanti tidak bisa melihat pertunjukan kembang api di atas Gedung Opera yang terkenal, seperti tradisi di tahun-tahun sebelumnya.

Otoritas Sydney melarang pertemuan besar pada malam tahun baru di tengah wabah virus corona, melansir Reuters pada Senin (28/12/2020).

Kemunculan kembali virus Covid-19 pada pertengahan Desember, di pinggiran pantai utara kota, telah berkembang menjadi 125 kasus.

Setelah sebelumnya hanya lima infeksi baru yang tercatat pada Senin (27/12/2020). Sekitar seperempat juta orang di sana, harus berada dalam lockdown ketat hingga 9 Januari.

Temuan kasus baru menyebabkan pembatasan lebih lanjut harus diterapkan, menggantikan rencana pelonggaran untuk Malam Tahun Baru.


Perdana Menteri New South Wales (NSW), Gladys Berejiklian melarang kebanyakan orang datang ke pusat kota Sydney malam itu, dan membatasi pertemuan di luar ruangan hingga 50 orang.

"Kami tidak ingin membuat “super spreading event” pada Malam Tahun Baru, yang kemudian menghancurkannya semua orang di seluruh negara bagian," kata Berejiklian pada konferensi pers.

Dia menambahkan, menonton kembang api dari rumah adalah yang cara “teraman” yang bisa dilakukan saat ini

. "Pada Malam Tahun Baru, kami sama sekali tidak ingin ada kerumunan orang di tepi pantai di sekitar Sydney," katanya.

Hanya penduduk dengan izin tempat perhotelan di pusat kota, yang akan diizinkan berada di sana pada Malam Tahun Baru. Setiap rumah tangga di Sydney hanya diizinkan menampung 10 orang sampai pemberitahuan lebih lanjut.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm