Ilustrasi ikan filet siap dipanggang.
Ilustrasi ikan filet siap dipanggang. ( PIXABAY/MARKUS DISTELRATH)

Berikut Ini Cara Mudah Untuk Memotong Tipis Atau Memfillet Ikan

6 Januari 2021 11:56 WIB

SonoraBangka.id - Memotong ikan tentu jadi pekerjaan yang mudah bagi para ahli, akan tetapi tidak untuk para pemula. Apalagi jika ukuran ikannya cukup besar, misalnya saja ikan tuna, tenggiri, atau ikan salmon. Namun, jangan khawatir ada cara supaya ikan besar dapat dipotong sesuai porsinya. Bahkan bisa diiris tipis atau difilet. Kuncinya, cukup gunakan pisau berukuran tepat yang sangat tajam. Dilansir dari Fine Cooking  kunci filet yang rapi ada pada penggunaan pisau yang tajam. Berikut cara mudah memotong tipis atau memfilet ikannya:

  1. Cuci ikan di bawah air mengalir, keringkan. Taruh di atas talenan dengan punggung menghadap ke arahmu. Pegang pisau tajam, tempatkan tepat di belakang insang dan sirip samping, lalu potong lurus separuh jalan hingga ke tulang punggung ikan. Pastikan potongan tepat di bagian daging belakang atas kepala. 
  2. Putar pisau sejajar dengan talenan (pada sudut 90 derajat potongan pertama) dan potong sepanjang tulang dari belakang kepala hingga ekor ikan. Iris perut ikan dengan filetan pisau. Agar potongan stabil, tekan ikan dengan cukup kuat. 
  3. Iris tipis daging ikan menggunakan pisau secara perlahan. Ulangi langkah di atas pada sisi sebaliknya. 
  4. Buang tulang ikan dan penutup perutnya dengan memotong bawah bagian atas tulang ke bagian bawah filet. Ubah posisi pisau pada sudut 45 derajat untuk mempermudah. 
  5. Periksa tulang-tulang kecil yang ada pada daging ikan. Raba perlahan-lahan dan jika menemukan tulang angkat menggunakan pinset atau penjepit kecil.  Terakhir, potong filet ikan sesuai porsi yang diinginkan. 

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Cara Fillet Ikan Besar agar Bentuknya Tetap Cantik", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/05/191100475/cara-fillet-ikan-besar-agar-bentuknya-tetap-cantik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm