( Ist / Diskominfo Babel)

Bertugas di Labkesda Babel, Ini Kata dr.Astrid

7 Januari 2021 13:21 WIB

SonoraBangka.id - Kepala Labkesda Babel dr.Astrid menyampaikan petugas labkesda bekerja mulai dari jam 8 pagi hingga dini hari dengan pembagian shift kerja pagi dan malam dalam menjalankan tugas memeriksa sampel swab yang masuk hingga verifikasi data agar siap dirilis.

"Karena itu, Labkesda harus menambah tim ekstra untuk mempercepat perilisan data,"kata dr.Astrid.

Dijelaskan Dia,Petugas Labkesda diharuskan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dan SOP yang wajib dijalankan saat bertugas. Menghindari resiko penularan, petugas tidak bisa melakukan kegiatan lain diluar laboratorium dengan menggunakan APD.

"Nah karena harus seperti itu, para petugas harus menunda waktu makan minum, bahkan hanya sekedar ke kamar kecil hingga waktu tugas berakhir. APD ini tidak dapat dilepas jika masih ada sampel yang harus diperiksa,"ujarnya.

Dokter inipun menuturkan Peningkatan jumlah sampel yang masuk dari seluruh kabupaten /kota dan antrian langsung di Labkesda membuat ritme kerja petugas labkesda semakin meningkat. Karena kecepatan dan ketepatan data sangat dibutuhkan oleh publik. Deteksi dini ini dapat mempercepat tracking Covid-19 guna memutuskan rantai penyebaran covid-19.

“Untuk memastikan data ini akurat, saya sendiri yang melakukan pengecekan atau verifikasi hasil pemeriksaan sampel swab. Data ini kita rilis 2 kali dalam 1 hari, shift pagi pukul 18.00 dan shift malam pukul 01.30,” ungkapnya.

"Saya sangat berharap masyarakat bisa berempati dengan petugas-petugas medis, seperti petugas lab yang ada di Labkesda Babel yang harus bekerja ekstra untuk masyarakat se-Babel,” pungkasnya.

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm