Kondisi cuaca di wilayah Kota Pangkalpinang, Kamis (7/1/2021) berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Depati Amir Pangkalpinang, Bangka Belitung, hingga akhir pekan ini, potensi hujan di wilayah Babel mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.
Kondisi cuaca di wilayah Kota Pangkalpinang, Kamis (7/1/2021) berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Depati Amir Pangkalpinang, Bangka Belitung, hingga akhir pekan ini, potensi hujan di wilayah Babel mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. ( Bangkapos.com/Yuranda)

Tinggi Gelombang Mencapai 1,25 Meter, Waspada Hujan dan Angin Kencang Terjadi Hingga Akhir Pekan

7 Januari 2021 13:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Depati Amir PangkalpinangBangka Belitung, memperkirakan hingga akhir pekan ini, potensi hujan di wilayah Bangka Belitung mengalami hujan dengan intesitas ringan hingga sedang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji, kepada Bangkapos.com, Kamis (7/1/2021)

"Hujan itu terjadi terutama pada periode siang hingga sore hari dan dilanjutkan pada periode malam hingga dini hari dan ini merata di seluruh wilayah Bangka Belitung," kata Kurniaji.

Hujan yang terjadi di daerah tersebut, tentunya berpotensi terjadi angin kencang dan gelombang tinggi. Namun hal itu pada umumnya mengalami peningkatan ketinggian gelombang di periode musim penghujan.

"Pada saat ini awan konvektif di sekitar perairan mulai terbentuk dan matang hingga hujan turun. Tapi ketika sudah selesai hujan mulai normal kembali," ujarnya

Sedangkan tinggi gelombang dibeberapa wilayah di perairan Babel, mencapai 1.25 meter. Seperti di perairan Selat Bangka, Utara Bangka, Selatan Bangka, Selat Gelasa dan Selat Karimata diprakirakan cukup kondusif.

Sementara BMKG merilis update peringatan dini cuaca Wilayah Bangka Belitung tanggal 7 Januari 2021 Pukul 10.44 WIB. Masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang–lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 10.50 WIB.

Terjadi di wilayah Kecamatan Tempilang, Bakam, Puding besar, Mendo barat dan dapat meluas ke Kota Pangkalpinang. Kecamatan Pangkalan baru, Simpang Katis, Sungaiselan, Merawang dan sekitarnya. 


Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Waspada Hujan dan Angin Kencang Terjadi Hingga Akhir Pekan, Tinggi Gelombang Mencapai 1,25 Meter, https://bangka.tribunnews.com/2021/01/07/waspada-hujan-dan-angin-kencang-terjadi-hingga-akhir-pekan-tinggi-gelombang-mencapai-125-meter.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm