Ilustrasi
Ilustrasi ( PIXABAY.COM/ALICEABC0 )

Walau Saling Cinta, Jangan Buru-buru Menikah. Ini Alasannya

9 Januari 2021 10:43 WIB

SonoraBangka.id - Bersanding dengan orang yang kita sayangi adalah salah satu hal yang paling membahagiakan di dunia ini.

Tapi, dalam setiap hubungan tetap diperlukan proses pengenalan lebih dalam.

Kita sebaiknya tidak terlalu buru-buru mengambil langkah meski kita dan pasangan sama-sama saling mencintai.

Dibutuhkan persiapan matang sebelum akhirnya kita dan pasangan siap untuk menjalani komitmen sehidup semati.

Lalu, kapan yang tepat untuk melakukannya?

Menurut ahli terapi hubungan Susan Edelman, ada banyak alasan yang membuat seseorang tergesa-gesa dalam percintaan.

Ketika kita jatuh cinta, kata Edelman, otak kita melepaskan zat kimia yang membuat kita gembira seperti dopamin dan oksitosin.

Zat kimia tersebut membuat tubuh mengalami sensasi menyenangkan dan merasa bahagia setiap kali melihat pasangan.

Ini benar-benar reaksi biologis yang membuat kita merasa bahagia.

Jadi, kita tidak boleh menyalahkan diri sendiri karena merasa ingin menghabiskan semua waktu dengan orang yang kita sukai.

Akibatnya kita merasa sangat terkoneksi dan begitu mencintainya sehingga kita memutuskan untuk melangkah lebih jauh dalam hubungan.

Namun, apa pun situasinya, sebaiknya kita memikirkan dengan baik mengenai keputusan yang akan kita buat sebelum memutuskan untuk benar-benar menjalani komitmen seumur hidup dengan si dia.

Edelman mengatakan, ada beberapa cara untuk mengetahui apakah kita benar-benar siap untuk bertunangan atau melakukan langkah lebih jauh dalam sebuah hubungan.

"Idealnya, kedua pasangan telah menyatakan cinta mereka satu sama lain sebelum bertunangan," katanya.

Kita juga harus merasa aman dalam percintaan ini dan bersiap untuk hidup bersamanya seumur hidup. Kita harus senang dengan gagasan menikah.

"Kita mungkin bertunangan terlalu cepat jika salah satu atau kamu berdua memiliki kekhawatiran besar tentang pernikahan," kata Edelman.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm