Riset Sebelum Mulai Bisnis Kuliner, Ini Langkah Tepat dan Praktis
Riset Sebelum Mulai Bisnis Kuliner, Ini Langkah Tepat dan Praktis ( istock)

Ikuti Langkah Riset Tepat dan Praktis Ini Sebelum Mulai Bisnis Pangan

11 Januari 2021 15:59 WIB

SonoraBangka.id - Marketing, sangat besar pengaruhnya jika kamu ingin memulai bisnis.

Selain itu, manfaatkan juga media sosial sebagai sarana paling mudah, praktis, dan murah.

Social media is a king. Social media is everything. Kita mau jualan apa pun, riset, cari bahan baku, vendor, dan lainnya lewat akun media, googling, atau via YouTube. Setelah tahu dan ada yang cocok bisa didatangi satu-satu untuk membuat kesepakatan,” ujar Indari Mastuti, dalam webinar bertema “Dobel Untung Bisnis Kuliner” kerja sama NOVA dan TaniHub.

Selain jadi sumber pencarian informasi, kita juga bisa melancarkan proses promosi di media sosial.

Ada banyak sarana untuk jualan online.

Mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, atau marketplace.

Tapi mana yang tepat kita manfaatkan?

“Lihat lagi, Anda paling menguasai di mana. Misalnya, punya foto-foto bagus bisa main di Instagram untuk daya pikat. Atau di Facebook karena suka menulis panjang dan diskusi,” jelas Indari.

Jadi gunakan medsos yang kita kuasai dan cocok dengan target market kita.
 
Ingatlah juga untuk melakukan riset demi mengetahui apakah produk kita sudah cukup memenuhi selera konsumen.

Tidak perlu riset formal dengan teknik sulit, kok.

Kita bisa menjadikan orang-orang di sekitar kita sebagai bahan riset.

Mulai dari teman sekolah, teman kerja, saudara, atau yang paling mudah, keluarga inti kita sendiri. 

“Riset bisa dilakukan di mana pun. Media sosial atau ke tetangga dan keluarga. Jangan no research. Nanti enggak laku jualannya. Riset ini dilakukan supaya kita tahu pasar kita butuh apa. Jangan hanya mikirin untung saja, tapi bagaimana kita bisa bantu orang menemukan solusi masalahnya,” jelas Indari.

Kita juga bisa membagikan sample produk secara cuma-cuma kepada target market kita, lalu mintakan pendapat dari mereka yang sudah mencicipi.
 
Cara lain yang bisa kita gunakan, lagi-lagi mengandalkan media sosial.

Misalnya menggunakan fitur polling di Instagram untuk mengetahui varian rasa apa atau warna kemasan mana yang lebih disukai konsumen.

Jangan salah, kemasan itu penting.

Seperti yang dikatakan Indari, konsumen itu bisa, lho, membeli sebuah produk karena suka dengan kemasannya.

Ya, sebagai konsumen, memang tak jarang kita membeli sebuah produk karena alasan emosional—seperti kemasan tadi.

Nah, sudah siap untuk memulai berbisnis kuliner?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm