SonoraBangka.id - Marketing, sangat besar pengaruhnya jika kamu ingin memulai bisnis.
Selain itu, manfaatkan juga media sosial sebagai sarana paling mudah, praktis, dan murah.
“Social media is a king. Social media is everything. Kita mau jualan apa pun, riset, cari bahan baku, vendor, dan lainnya lewat akun media, googling, atau via YouTube. Setelah tahu dan ada yang cocok bisa didatangi satu-satu untuk membuat kesepakatan,” ujar Indari Mastuti, dalam webinar bertema “Dobel Untung Bisnis Kuliner” kerja sama NOVA dan TaniHub.
Selain jadi sumber pencarian informasi, kita juga bisa melancarkan proses promosi di media sosial.
Ada banyak sarana untuk jualan online.
Mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, atau marketplace.
Tapi mana yang tepat kita manfaatkan?
“Lihat lagi, Anda paling menguasai di mana. Misalnya, punya foto-foto bagus bisa main di Instagram untuk daya pikat. Atau di Facebook karena suka menulis panjang dan diskusi,” jelas Indari.
Tidak perlu riset formal dengan teknik sulit, kok.
Kita bisa menjadikan orang-orang di sekitar kita sebagai bahan riset.
Mulai dari teman sekolah, teman kerja, saudara, atau yang paling mudah, keluarga inti kita sendiri.
“Riset bisa dilakukan di mana pun. Media sosial atau ke tetangga dan keluarga. Jangan no research. Nanti enggak laku jualannya. Riset ini dilakukan supaya kita tahu pasar kita butuh apa. Jangan hanya mikirin untung saja, tapi bagaimana kita bisa bantu orang menemukan solusi masalahnya,” jelas Indari.
Misalnya menggunakan fitur polling di Instagram untuk mengetahui varian rasa apa atau warna kemasan mana yang lebih disukai konsumen.
Jangan salah, kemasan itu penting.
Seperti yang dikatakan Indari, konsumen itu bisa, lho, membeli sebuah produk karena suka dengan kemasannya.
Ya, sebagai konsumen, memang tak jarang kita membeli sebuah produk karena alasan emosional—seperti kemasan tadi.
Nah, sudah siap untuk memulai berbisnis kuliner?