Ilustrasi kemiri
Ilustrasi kemiri ( www.jpnn.com)

Agar Awet Dan Tidak berbau Tengik, Berikut 4 Cara Menyimpan Kemiri

14 Januari 2021 06:51 WIB

SonoraBangka.id Supaya lebih awet kamu perlu menyimpan kemiri dengan benar. Jika keliru, kemiri akan mudah berjamur dan mengeluarkan bau tengik. Cara menyimpan kemiri bisa dibilang gampang gampang susah. Ikuti cara menyimpan kemiri yang benar seperti dijelaskan dalam laman Nyonya Cooking dan sumber lainnya.

1. Sangrai kemiri sebelum disimpan

Proses sangrai atau pemanasan dapat membantu menghilangkan racunnya Selain membuat kemiri lebih awet sehingga kemiri bisa langsung digunakan untuk memasak. Sebelum disimpan supaya tahan lama dan tidak mudah berjamur maupun berbau sangrailah kemiri hingga kecoklatan dengan menggunakan api kecil.

2. Simpan dalam wadah tertutup

Kamu bisa menyimpan kemiri menggunakan stoples atau plastik ziplock. Mengutip laman The Spruce Eats, masing-masing jenis kacang dan biji-bijian memiliki cara simpan yang berbeda-beda. Namun umumnya kacang dan biji-bijian akan tahan lama jika disimpan dalam wadah tertutup. Begitu pula dengan kemiri.

3. Simpan di dalam kulkas

Kemiri yang disimpan dalam suhu ruangan harus digunakan maksimal satu minggu setelah dibeli. Namun jika disimpan dalam kulkas akan awet hingga satu bulan. Dengan catatan wadah kemiri harus selalu ditutup rapat setelah digunakan.

4. Simpan di dalam freezer

Menyimpan kemiri di dalam freezer akan membuatnya lebih tahan lama. Seperti yang disebutkan dalam laman Nyonya Cooking, kemiri yang disimpan di freezer akan awet hingga satu tahun mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Simpan Kemiri agar Tidak Bau Tengik, Bisa Awet sampai 1 Tahun", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/13/180600475/4-cara-simpan-kemiri-agar-tidak-bau-tengik-bisa-awet-sampai-1-tahun?page=all#page2.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm