Ilustrasi tertawa
Ilustrasi tertawa ( SanneBerg )

Mau Tahu Ilmiah di Balik Tawa Anda ? Berikut ini Penjelasannya

15 Januari 2021 07:56 WIB

SonoraBangka.idTertawa adalah senjata terakhir untuk melawat penyakit jantung. Tertawa juga mampu menghadirkan atmosfir hangat dalam keluarga.

Nah, sudah berapa kali Anda telah tertawa hari ini?

Kemungkinan besar Anda melakukan ekspresi tersebut tanpa pikir panjang mengenai bagaimana dan mengapa tawa terjadi.

Namun, lebih dari sekadar suara maupun bentuk mulut, tertawa adalah sebuah misteri yang mendalam bagi dunia sains.

Menurut sains, tawa dapat dikategorikan menjadi berbagai macam tipe, mulai dari yang asli dan spontan, hingga disimulasi (tawa palsu), terstimulasi (misalnya karena tergelitik), dan dibuat (oleh obat-obatan).

Lynne A Barker, seorang pakar neurosains kognitif di Sheffield Hallam University berkata bahwa selain manusia, kelompok primata juga bisa tertawa.

“Hal ini (tertawa) kemungkinan besar adalah hasil evolusi yang membantu mereka untuk bertahan hidup,” tulisnya dalam The Conversation.

Melalui tawa, manusia dan primata dapat meningkatkan kedekatan satu sama lain, menghindari konflik, dan mengurangi stres.

Namun, semua manfaat tersebut hanya bisa didapatkan bila tawa dilakukan bersama-sama.

Sebaliknya, tertawa sendiri memiliki konotasi yang buruk.

Belajar dari penyakit

Walaupun kita telah memiliki pengetahuan yang cukup lengkap mengenai peran otak dalam menciptakan ekspresi wajah, menelan, dan menggerakan mulut serta lidah; para ilmuwan masih bertanya-tanya mengenai proses perubahan dari emosi bahagia menjadi tawa.

Untungnya, beberapa penyakit dan kondisi dapat menjawab hal ini.

Sindrom pseudobulbar affect atau inkontinensia emosi misalnya.

Kondisi yang sering diasosiasikan dengan trauma pada otak, penyakit Alzheimer, parkinson, dan stroke ini membuat penderitanya tidak dapat mengontrol emosi, dan menjadi sering tertawa atau menangis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm