Ilustrasi menyalakan mesin mobil (doityourself.com)
Ilustrasi menyalakan mesin mobil (doityourself.com) ( kompas.com)

Tidak Perlu Digeber, Berikut Ini Cara Benar Mematikan Mobil Diesel

17 Januari 2021 19:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Masih banyak pemilik mobil diesel yang memperlakukan kendaraannya berbeda dengan mobil bensin, salah satunya adalah saat akan mematikan mesin.

Ada yang percaya bahwa mobil berbahan bakar solar itu perlu digeber terlebih dahulu sebelum mematikan mesinnya.

Tujuannya tidak lain adalah untuk menjaga komponen mobil agar lebih terjaga dan awet, seperti perangkat aki. Ini ternyata sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan secara turun temurun.

Dengan berbagai kemajuan teknologi sekarang ini, masih perlukah menggeber mesin sebelum mematikannya?

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM), Didi Ahadi, mengatakan, kebiasaan menggeber mesin sebelum mematikannya adalah hal yang tidak perlu dilakukan lagi.

Kebiasaan tersebut menurutnya tidak ada gunanya dan justru bisa memberikan efek kurang baik seperti menimbulkan polusi.

“Tidak perlu menggeber mesin dulu sebelum mematikannya, kalau mau mematikan ya tinggal dimatikan saja,” kata Didi kepada Kompas.com, Sabtu (17/1/2021).

Dikatakan Didi, kebiasaan menggember mesin sebelum mematikannya memang cukup populer pada zaman dulu. Yakni sebelum teknologi otomotif berkembang atau belum secanggih seperti sekarang ini.

Tujuannya tidak lain adalah agar pengisian arus pada aki tetap terjaga sehingga saat akan dinyalakan kembali bisa lancar atau tetap prima.

Hanya saja, untuk saat ini kebiasaan yang sudah berlangsung secara turun temurun tersebut sudah tidak perlu dilakukan lagi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm