Tips berkendara sepeda motor yang aman dan nyaman bagi wanita (Dok. DAM)
Tips berkendara sepeda motor yang aman dan nyaman bagi wanita (Dok. DAM) ( kompas.com)

Tips Berkendara Motor yang Aman dan Nyaman untuk Wanita

19 Januari 2021 19:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Era sekarang, banyak wanita yang memilih untuk mengendarai sepeda motor sebagai kendaraan harian. Sayangnya, banyak wanita yang masih abai dengan keselamatannya saat berkendara.

Padahal, potensi bahaya atau kecelakaan dalam berkendara dapat muncul kapan saja. Maka itu masing-masing pengendara perlu memerhatikan apa saja yang dapat memicu terjadinya kecelakaan.

Hampir sebagian besar wanita menggunakan motor matik atau skuter matik ( skutik), karena lebih mudah dan praktis saat dikendarai. Tapi, ada juga yang memilih untuk mengendarai motor bebek atau motor sport.

Apapun tipe motornya, pengendara wanita tetap wajib paham dan memerhatikan keamanan dan kenyamanannya. Setidaknya ada empat tips yang perlu diperhatikan, di antaranya:

1. Perlengkapan Berkendara

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma, mengatakan, perlengkapan berkendara yang wajib digunakan meliputi dari helm, jaket, dan sarung tangan.

“Jangan sampai mengabaikan perlengkapan berkendara tersebut karena dapat melindungi pengendara,” ujar Ludhy, dalam keterangan resminya.

Helm berfungsi melindungi rahang dan otak belakang bila terjadi benturan pada kepala. Lalu, jaket berfungsi untuk menahan terpaan angin pada saat berkendara dan membantu mengurangi bila terjadi gesekan pada kulit saat terjatuh. Selain itu, sarung tangan juga membantu memberikan kenyamanan pada bagian hand grip atau setang kemudi.

2. Kelengkapan Surat Berkendara

Persiapan berkendara lainnya adalah memastikan surat-surat penting seperti STNK, SIM, KTP lengkap dan masih berlaku sesuai aturannya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm