Ilustrasi mengendarai motor. (Shutterstock)
Ilustrasi mengendarai motor. (Shutterstock) ( kompas.com)

Sudah Paham, Cara Yang Benar Memegang Setang Kemudi Motor?

19 Januari 2021 22:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktifitas Mengendarai sepeda motor merupakan keahlian khusus yang bisa dilatih. Salah satu hal kecil yang kerap disepelekan pada saat berkendara motor, adalah cara yang benar memegang setang kemudi alias hand grip.

Biasanya pengendara motor memiliki caranya sendiri dalam memegang hand grip. Tapi, ada saja yang paling parah, yaitu memegang hand grip dengan tangan terbalik. Tentu saja kelakuan seperti ini berbahaya dan bisa membahayakan orang lain.

Agus Sani sebagai Head of Safety Riding Promotion Wahana (main dealer Honda) mengatakan, cara aman dalam memegang hand grip adalah dengan digenggam empat jari, lalu jempol berada di bawah. Selain itu, penempatan tangan juga tidak mepet ke bagian dalam.

“Berikan jarak minimal satu jari dari bagian dalam setang motor. Kemudian jangan juga menggenggam di ujung setang, karena bisa menyebabkan tangan mudah terlepas saat terjadi guncangan,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (18/1/2021).

Soal menggenggam yang benar, ibu jari berfungsi untuk menahan tangan bila tiba-tiba bagian roda depan masuk ke lubang, sehingga pegangannya lebih kuat. Berbeda ceritanya bila posisi tangan terbalik, akan sangat mudah terlepas.

Kemudian tentang memberi jarak minimal satu jari dari bagian dalam, alasannya agar pengendara motor lebih nyaman saat memutar gas. Bagian tangan tidak menahan di sisi dalam setang dan motor juga jadi lebih mudah dikendalikan.

“Buka-tutup gas nya jadi lebih nyaman jika diberi jarak. Sedangkan kalau diujung, buka-tutup gas jadi sulit dan pegangan juga kurang kuat,” kata Agus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sudah Paham, Cara Memegang Setang Motor yang Benar?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/19/102200615/sudah-paham-cara-memegang-setang-motor-yang-benar-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm