Franco Morbidelli saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP) (LLUIS GENE)
Franco Morbidelli saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP) (LLUIS GENE) ( kompas.com)

Morbidelli Gagal Tunggangi Yamaha M1 Spek Pabrikan

19 Januari 2021 22:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Franco Morbidelli berhasil memberikan kejutan melalui performanya di MotoGP 2020. Dengan Yamaha YZR-M1 2019, Morbidelli berhasil menyelesaikan musim lalu di peringkat kedua.

Tak ada yang menyangka murid Valentino Rossi ini akan menjadi pebalap Yamaha yang paling kompetitif, padahal menggunakan motor tahun 2019.

Walaupun sempat gagal selesaikan balapan hingga tiga kali, namun Morbidelli berhasil koleksi lima podium dengan tiga kemenangan di antaranya.

Tapi, untuk MotoGP 2021 ini, Morbidelli tetap tidak akan mendapatkan jatah Yamaha M1 dengan spek pabrikan atau disebut juga dengan A-Spec.

Kepala Tim Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT), Razlan Razali, mengatakan, dirinya sudah mencoba mendapatkan motor tersebut untuk Morbidelli, namun gagal.

"Kami sudah mencobanya. Ketika Franky menang untuk pertama kali di Misano, dia datang ke saya dan bilang, 'Razlan, salah jika saya tidak menanyakan ini, tapi apakah kita bisa mendorong Yamaha untuk mendapatkan motor pabrikan tahun depan?' Saya menjamin pada dirinya untuk melakukan yang terbaik, tentunya tidak janji akan berhasil, untuk beberapa alasan jelas, seperti dana, suku cadang, dan banyak hal lainnya," ujar Razali, dikutip dari GPOne.com.

Dikatakan Razali, saat Morbidelli menang di Valencia, dia kembali menanyakan apakah pebalap bernomor start 21 tersebut masih ingin M1 pabrikan, Morbidelli menjawab tidak.

"Sering kali ini lebih kepada faktor psikologis saja, karena ini motor pabrikan. Tapi, sebenarnya motornya sangat mirip," kata Razali.

Ditambahkan Razali, saat meeting terakhir bersama Yamaha pun dia mencoba mendapatkan M1 pabrikan kembali, namun tetap tidak berhasil karena alasan tersebut. Apalagi, di tengah pandemi seperti ini, semakin sulit mendapatkan dana tambahan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Morbidelli Batal Tunggangi Yamaha M1 Spek Pabrikan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/19/110200515/morbidelli-batal-tunggangi-yamaha-m1-spek-pabrikan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm