Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Tahukah Anda Apakah Beda Bronkitis Akut Dan Bronkitis Kronis

21 Januari 2021 13:27 WIB

SonoraBangka.Id - Bronkitis adalah penyakit iritasi dan peradangan pada saluran udara yang membawa udara keluar dan masuk paru-paru.

Umumnya, bronkitis dikenal dengan dua jenis yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Kedua penyakit ini memiliki gejala serupa, sepeti batuk kering dan sesak napas.

Bronkitis akut dan bronkitis kronis adalah dua penyakit berbeda. Perbedaan keduanya ada di jangka waktu sakit.

Bronkitis akut adalah penyakit jangka pendek yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Bila Anda didiagnosis bronkitis akut, Anda bisa berharap bisa sembuh dalam beberapa hari atau minggu.

Sedangkan bronkitis kronis adalah penyakit serius yang hinggap di tubuh seumur hidup.

Gejala bronkitis

Bronkitis akut dan kronis memilik gejala yang sama karena keduanya disebabkan oleh peradangan di area bronkus. Tanda dan gejala umum kedua bronkitis itu meliputi:

  • Batuk terus menerus, mengeluarkan lendir kental. Lendir ini bisa berubah warna dan bercampur dengan air liur.
  • Sesak napas
  • Dada terasa sesak
  • Demam ringan
  • Mengi
  • Kelelahan

Bronkitis akut biasanya dimulai dengan pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam ringan. Kebanyakan kasus bronkitis akut berlangsung antara 3 hingga 10 hari.

Bronkitis kronis ditandai dengan batuk yang terus-menerus selama 3 bulan hingga 2 tahun. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan tapi gejalanya bisa diatasi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm