Ilustrasi ayam marinasi.
Ilustrasi ayam marinasi. ( PIXABAY/ IVABALK)

Berikut Ini Cara Menyimpan Ayam Marinasi Di Dalam Kulkas Atau Freezer

26 Januari 2021 11:40 WIB

SonoraBangka.id - Proses marinasi ayam bertujuan untuk menambah rasa dan membuat daging lebih empuk.  Ayam marinasi merupakan ayam yang direndam dalam bumbu-bumbu seperti rempah-rempah dan saus tertentu. Cara menyimpan ayam marinasi berbeda dengan ayam segar pada umumnya. Pasalnya bumbu yang digunakan untuk marinasi juga harus dijaga kesegarannya supaya tidak memengaruhi rasa ayam dan terhindar dari bakteri penyebab penyakit.  Berikut cara menyimpan ayam marinasi di dalam kulkas atau freezer melansir dari laman The Spruce Eats dan The Kitchn.

1. Jangan gunakan wadah logam

Logam dapat memicu reaksi kimia asam dan dapat menyebabkan perubahan rasa. Hindari menggunakan wadah logam untuk menyimpan ayam marinasi. Gunakanlah wadah kaca, plastik food grade, atau plastik zip lock saja. Tutup pula wadah penyimpannya supaya bumbu dapat meresap dengan sempurna dan daging ayam jadi lebih empuk. 

2. Simpan dalam kulkas

Karena dapat membuat bakterinya berkembang dengan cepat sehingga ayam marinasi tidak boleh disimpan dalam suhu ruangan.  Disarankan untuk menyimpan ayam marinasi di dalam kulkas.  Jika menggunakan bumbu yang mengandung asam seperti cuka atau lemon, baiknya segera dimasak sekitar 30 menit sampai 3 jam setelah proses marinasi. Namun jika tidak menggunakan asam, ayam marinasi dapat disimpan dalam kulkas maksimal 24 jam. Hindari menggunakan garam terlalu banyak saat proses marinasi. Walau garam bisa mengendurkan serat otot namun penggunaan berlebih justru dapat membuat daging ayam kehilangan rasa aslinya.

3. Bekukan di freezer

Membekukan ayam marinasi cenderung lebih aman daripada hanya menaruhnya di kulkas. Pasalnya, proses pembekuan dapat menghentikan proses pengasinan hingga daging ayam dicairkan.  Selain itu, ayam marinasi beku juga dapat disimpan hingga enam bulan. Akan lebih baik, jika ayam marinasi disimpan dalam plastik zip lock lalu divakum terlebih dulu.  Sebelum dimasak, pastikan daging ayam sudah benar-benar mencair. Jika ingin dimasak keesokan paginya, keluarkan daging ayam dari freezer lalu simpan di kulkas terlebih dulu. Selanjutnya, ayam siap dimasak sesuai kebutuhan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Ayam Marinasi, Awet sampai 6 Bulan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/25/160300675/cara-simpan-ayam-marinasi-awet-sampai-6-bulan?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm