( )

Reaksi Yang Dirasakan Para Dokter Pasca Di Vaksinasi 2 Minggu Yang Lalu

27 Januari 2021 06:49 WIB

SonoraBangka.Id - Pemerintah saat ini gencar mensosialisasikan program vaksinasi covid 19. Program vaksinasi sudah berjalan 2 minggu.

Dikabarkan setelah sepekan pasca penyuntikan vaksin Covid-19, belum ada efek berbahaya bagi kesehatan yang timbul.

Hal itupun diungkapkan oleh para dokter yang menjalani vaksin Covid-19,  mengaku, seminggu pasca suntik vaksin Covid-19 tidak mengalami efek samping yang aneh.

Hasil penelitian mencatat efek atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) vaksin Covid-19 masih wajar. Tidak ada ada efek berbahaya yang dialami oleh pihak-pihak yang telah menjalani vaksin Covid-19.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No.12 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Imunisasi, KIPI adalah semua kejadian medik yang terjadi setelah imunisasi, menjadi perhatian, dan diduga berhubungan dengan imunisasi. Adapun KIPI ada yang serius dan non serius.

 

Yang serius adalah setiap kejadian medis setelah imunisasi yang menyebabkan rawat inap, kecacatan, hingga kematian serta menimbulkan keresahan di masyarakat.

Sementara yang non serius tidak menimbulkan risiko potensial pada kesehatan si penerima vaksin.

Dikutip dari keterangan tertulis di Covid19.go.id, Muhammad Fajri Adda’I, dokter dan tim penanganan Covid-19 yang telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama mengatakan dirinya tidak merasakan reaksi yang aneh.

“Biasa saja,” ujarnya, Rabu (20/1).

Fajri menyatakan masih ada yang meragukan dan mempertanyakan terkait vaksin Covid-19 dan KIPI atau efek sampingnya.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm