Ilustrasi hobi melukis
Ilustrasi hobi melukis ( shutterstock)

Perlukah Simpan Atau Buang Saja Perlengkapan Hobi Lama Kita ?

2 Februari 2021 08:57 WIB

SonoraBangka.id - Saat kita menekuni suatu hobi, seperti melukis, memancing, mengoleksi perangko, motor, atau bersepeda, tentunya kita akan mengumpulkan perlengkapan hobi dalam jumlah banyak.

Tapi ketika kita sudah bosan dan tidak lagi menjalani hobi, perlengkapan kail pancing, helm sepeda, atau bahkan sasis sepeda mulai "nganggur" di rumah.   

Nah uniknya, orang sulit membuang barang-barang itu karena mempunyai nilai historis dengan kehidupan kita di masa lalu.

Perlengkapan hobi yang sudah tidak terpakai itu akhirnya hanya menjadi "onggokan" sampah dan memakan banyak tempat di rumah.

Ada tips untuk memilah mana barang-barang hobi yang masih bisa disimpan, dan mana yang harus dibuang atau diberikan kepada orang lain.

1. Perhatikan apa yang kita rasakan

Jika kita memegang kembali tongkat golf, apakah tongkat itu membuat kita bersemangat lagi untuk latihan golf atau tidak?

Atau, ketika mengeluarkan raket bulutangkis dari sarungnya, apakah kita ingin mengulangi momen di mana kita bermandikan keringat di lapangan, atau justru memilih hal lain?

Reaksi saat memegang perlengkapan hobi lama akan memudahkan kita dalam mengetahui apakah kita benar-benar menyukai sebuah hobi atau hanya menahannya karena hobi itu pernah menjadi bagian hidup kita.

2. Mengingat kapan peralatan tersebut dipakai terakhir kali

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm