Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK)

3 Cara Mengatasi Konsumsi Gula Berlebihan Yang Harus Anda Tahu

4 Februari 2021 15:01 WIB

SonoraBangka.Id - Gula atau juga dikenal sebagai glukosa adalah salah satu komponen makanan yang diperlukan oleh tubuh.

Tapi, konsumsi gula yang terlalu banyak justru dapat menjadi bencana bagi tubuh. Gula meningkatkan risiko peningkatan berat badan.

Obesitas ini akan menyebabkan berbagai macam penyakit. Rata-rata, orang menghabiskan gula sebanyak 68 gram per harinya, atau setara dengan 17 sendok teh.

Padahal, idealnya, konsumsi gula harian manusia adalah 25 gram per hari (6 sendok teh) untuk wanita dan 37 gram per hari (9 sendok teh) untuk pria. Untuk itu, Anda perlu mengontrol konsumsi gula harian Anda.

Berikut ini beberapa cara mengontrol gula harian yang bisa Anda jalankan sehari-hari:

  1. Kurangi minuman manis kemasan

Semakin banyak minuman manis di pasaran seperti soda, minuman berenergi, minuman buah, dan banyak lagi.

Tubuh Anda tidak memberi perlakuan berbeda antara kalori dari minuman dan makanan. Saat Anda minum, tubuh tidak akan merasa kenyang padahal kalori yang Anda konsumsi dari minuman itu sudah over dosis.

Karena tidak kenyang, Anda tetap makan seperti biasa atau tidak mengurangi porsi makan untuk mengimbangi asupan kalori yang berlebihan.

Dengan begitu, kalori di tubuh Anda akan semakin menumpuk. Mengurangi minuman manis berarti mengurangi asupan gula berlebih dan berpotensi menjaga berat badan Anda.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm