Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.ID)

Seberapa Penting Terbuka Masalah Keuangan Sebelum Menikah ?

8 Februari 2021 11:28 WIB

SonoraBangka.id - Keuangan adalah salah satu pencetus masalah yang sering muncul sebelum menikah, bahkan setelah menikah sekalipun.

Menurut Budi Raharjo, CFP, seorang perencana keuangan, hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum Anda menikah adalah terbuka soal kondisi keuangan Anda.

“Jangan sampai sebelum menikah terlihat sukses, memiliki mobil dan rumah, namun setelah menikah ketahuan bahwa semua itu adalah hutang,” ujar Budi saat diwawancarai beberapa waktu lalu, usai peluncuran Buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan di Jakarta.

Jadi untuk itu, terutama para pria, sangat penting untuk terbuka masalah keuangan dengan pasangan sebelum menikah.

Sehingga, pasangan bisa mengetahui dan mengerti tentang kondisi keuangan Anda. Apalagi, dalam budaya timur, pria dianggap sebagai sosok pencari nafkah.

Jangan sampai pasangan kecewa setelah menikah, karena hutang Anda lebih banyak dari pendapatan.

Meski tak menutup kemungkinan, istri bekerja untuk membantu keuangan rumah tangga. Akan lebih baik jika Anda dan pasangan saling terbuka sebelum pernikahan.

Anda dan pasangan pun dapat mencari solusinya bersama dan menyusun strategi keuangan rumah tangga bersama.

Diungkapkan Budi, bahwa keterbukaan masalah keuangan ini dapat mengurangi permasalahan antara pasangan.

Sehingga keduanya dapat saling memahami satu sama lain.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pentingnya Terbuka Masalah Keuangan Sebelum Menikah", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2017/04/25/193435020/pentingnya.terbuka.masalah.keuangan.sebelum.menikah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm