Ilustrasi naik tangga
Ilustrasi naik tangga ( Shutterstock )

Benarkah Kecepatan Naik Tangga Bisa Ungkap Kondisi Jantung Kita ?

9 Februari 2021 13:51 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini tidak sedikit orang memilih menghindari naik tangga dan lebih suka menggunakan lift.

Padahal, naik tangga bisa melatih otot kaki, bahkan juga dapat mengungkapkan kondisi kesehatan jantung.

Peneliti dari Spanyol mengatakan, seberapa cepat waktu yang dibutuhkan untuk naik empat tangga dapat menjadi indikator kesehatan jantung seseorang.

Menurut peneliti, mampu menaiki empat tangga dalam waktu kurang dari satu menit merupakan indikator akurat bila jantung memiliki kesehatan yang baik.

“Tes tangga adalah cara mudah untuk memeriksa kesehatan jantung,” kata Dr. Jesús Peteiro, ahli jantung di University Hospital a Coruña dan penulis studi.

"Jika seseorang membutuhkan waktu lebih dari satu setengah menit untuk menaiki empat tangga, kesehatan jantungnya kurang optimal.

Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter," tambahnya.

Peteiro merepresentasikan hasil studinya pada pertemuan ilmiah baru-baru ini yang diselenggarakan European Society of Cardiology.

Dia membandingkan hasil tes menaiki tangga dengan hasil pengujian latihan yang dilakukan di laboratorium.

Penelitian ini melibatkan 165 peserta. Masing-masing peserta berjalan atau berlari di atas treadmill sampai kelelahan.

Kapasitas latihannya diukur sebagai ekuivalen metabolik (MET). Setelah masa istirahat selesai, kelompok studi diminta menaiki empat tangga yang terdiri dari 60 anak tangga dengan cepat tapi bukan berlari.

Para peneliti kemudian kembali mengukur MET para peserta. Peserta yang menaiki tangga dalam waktu kurang dari 40 hingga 45 detik mencapai lebih dari 9 hingga 10 MET.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm