Ilustrasi pemeriksaan ban mobil. (Shutterstock)
Ilustrasi pemeriksaan ban mobil. (Shutterstock) ( kompas.com)

Petunjuk Waktu Mengganti Ban Mobil yang Ideal

16 Februari 2021 22:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Selain mengecek tekanan udara pada ban mobil, hal lain yang tak kalah penting diperhatikan adalah memeriksa secara berkala kedalaman tapak atau kembang pada ban.

Kondisi ini penting diperhatikan agar mengetahui waktu tepat menggantinya. Berdasarkan survei Michelin Indonesia, 75 persen pengendara mengganti ban apabila telah melihat adanya keausan atau kerusakan.

Sementara itu, dari hasil survei juga didapat menyatakan jika rata-rata pemilik kendaraan melakukan pergantian ban setiap 2-4 tahun sekali.

Menurut Customer Engineering Support Michelin Indonesia Mochammad Fachrul Rozi, umur pakai dan jarak tempuh ban tergantung dari kombinasi beberapa faktor.

Mulai dari desain, kebiasaan berkendara, cuaca, kondisi jalan, dan perawatannya. Karena itu, pengendara disarankan melakukan pengecekan kedalaman atau kembang ban secara berkala.

"Tidak banyak pengendara yang tahu bahwa batas kedalaman tapak ban yang aman adalah 1.6 milimeter. Jika kurang dari ini maka sudah waktunya mengganti ban," ujar Fachrul Rozi dalam keterangan resminya, Senin (15/2/2021).

Lebih lanjut Rozi menjelaskan, untuk para pengguna ban Michelin sendiri, disarankan setelah penggunaan selama lima tahun, wajib diperiksa secara menyeluruh.

Durasi pengecekan minimal dilakukan setiap satu tahun sekali, dan ditangani langsung oleh teknisi yang berpengalaman.

"Ketika melewati masa 10 tahun setelah tanggal produksi, baiknya ban diganti meskipun bagian luar ban tidak menunjukkan adanya tanda-tanda kerusakan. Kondisi ini juga berlaku untuk ban cadangan," kata Rozi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Patokan Waktu Mengganti Ban Mobil yang Ideal", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/16/165000415/patokan-waktu-mengganti-ban-mobil-yang-ideal.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm