Ilustrasi sambal leunca. Leunca merupakan lalapan khas Sunda.
Ilustrasi sambal leunca. Leunca merupakan lalapan khas Sunda. ( SHUTTERSTOCK/HAMZAH KHAIRUL FATAH)

Berikut Ini Cara Membuat Pencok Leunca , Sajian Khas Sunda

17 Februari 2021 14:15 WIB

SonoraBangka.id - Kamu bisa membuat sajian khas Sunda untuk menemani makan nasi putih dan lauk lainnya yaitu pencok leunca jika kangen dengan masakan Sunda. Pencok sama artinya dengan sambal mentah, sementara leunca adalah tumbuhan yang berbentuk bulat-bulat kecil yang masih jenis dengan terung-terungan. Leunca sering kali dijadikan lalapan oleh orang Sunda. Sajian ini dapat menjadi salah satu sajian pendamping makanmu di rumah. Bahan yang digunakan sangat sederhana, seperti cabai merah, bawang putih, dan leunca. Resep ini ada dalam buku “30 Menu 2 Hidangan - Masakan Sunda” (2013) oleh Dewi Untari penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Resep pencok leunca:

Resep pencok leunca

Bahan: 

  • 200 gram leunca, bersihkan
  • 4 buah cabai rawit hijau
  • 2 buah cabai rawit merah
  • 1 ruas jari kencur
  • 1 siung bawang putih
  • ½ sdt terasi bakar
  • 1 sdm gula merah
  • Garam secukupnya

Cara membuat pencok leunca : 

  1. Haluskan cabai rawit, kencur, bawang putih, terasi, gula merah, dan garam dengan menggunakan cobek.
  2. Masukkan leunca, ulek kasar. Sajikan segera.
  3. Tips membuat pencok leunca: Pilih leunca yang muda agar rasanya tidak terlalu pahit.

    Artikel ini telah tayang di comdengan judul "Resep Sambal Leunca, Masakan Sunda ala Rumahan ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/02/17/111900275/resep-sambal-leunca-masakan-sunda-ala-rumahan-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm