Ilustrasi terbangun tengah malam
Ilustrasi terbangun tengah malam ( shutterstock )

Sering Terbangun Tengah Malam ? Ini 6 Penyebab Dan Pencegahannya

17 Februari 2021 15:28 WIB

SonoraBangka.id - Rasa tidak nyaman mungkin kita rasakan jika sering terbangun tengah malam saat sedang tidur.

Sebab, sering kali kita kesulitan untuk kembali tidur setelahnya, padahal rutinitas pagi hari sudah menunggu.

Tapi, hal ini ternyata cukup umum terjadi. Studi terhadap 8.937 orang yang dilakukan oleh Sleep Medicine mengestimasikan ada sekitar sepertiga orang dewasa di Amerika yang terbangun di malam hari, setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Selain itu, 40 persen di antaranya kesulitan untuk kembali tertidur.

Jika kamu juga kerap mengalaminya, salah satu dari enam penyebab berikut mungkin bisa menjawab permasalahanmu, seperti dilansir SELF:

1. Suasana kamar tidur tidak kondusif

Ketika kita tidur, tubuh melalui empat tahapan tidur dan rapid-eye movement (REM).

Tahap 1 adalah yang paling ringan.

Menurut dokter pengobatan tidur dari The Ohio State University Wexner Medical Center, Rita Aouad, MD, pada tahap itulah seseorang biasanya mudah terbangun akibat hal-hal seperti pintu yang ditutup, cahaya lampu mobil orang yang lewat dan tembus lewat jendela kamarmu, serta apapun yang sifatnya adalah faktor lingkungan, seperti kamar yang terlalu panas atau dingin.

Cobalah menciptakan lingkungan kamar tidur yang nyaman, dengan mematikan lampu, menjaga suhunya agar tetap sejuk dan pastikan tidak ada suara yang mengganggu.

Hal-hal ini memang di luar kontrolmu, tapi kamu bisa melakukan apa yang bisa kamu lakukan, seperti memasang kipas angin atau pendingin ruangan jika suhu terlalu panas.

2. Kecemasan

Menurut Mayo Clinic, sulit tidur adalah salah satu gejala gangguan kecemasan yang paling umum terjadi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm