Gubernur Babel Erzaldi Rosman
Gubernur Babel Erzaldi Rosman ( Ist / Diskominfo Babel)

Usulan Geoheritage Bangka Barat Segera Diteruskan Ke Kementerian ESDM

20 Februari 2021 10:51 WIB

SonoraBangka.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menyetujui usulan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Babar) menjadikan 28 objek di Babar sebagai geoheritage.

"Kami rencanakan minggu depan akan kami teruskan usulan geoheritage Bangka Barat kepada Kementrian ESDM," ujarnya.(17/02/21).

Gubernur Erzaldi mengatakan merupakan usaha pemda untuk menggali potensi site geopark di Bangka Belitung. Dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui aktivitas serta kreativitas yang dilakukan masyarakat di kawasan geoheritage.

"Harapan saya Pemda Bangka Barat bersama para komunitas untuk senantiasa merawat kawasan yang dijadikan usulan geoheritage. Di samping itu, kita dapat mencari potensi unik yang tidak dimiliki daerah lain untuk dijadikan sebagai unggulan," pesannya.

Untuk menjadi warisan geologi, ada tahapan yang harus dilalui, yaitu mulai pengusulan dari daerah ke Kementerian ESDM. Lalu, Kementerian ESDM membentuk tim verifikasi dan proses verifikasi, dan kegiatan focus group discussion oleh pemerintah daerah. Setelah itu, kawasan tersebut barulah dapat ditetapkan sebagai warisan geologi.

Sekretaris Badan Pengelola Geopark Bangka Barat, Arie Kurniardi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Erzaldi yang menyetujui pengusulan geoheritage di Bangka Barat

"Alhamdulillah Pak Gubernur mensupport penuh usulan kami, dikarenakan untuk menjadikan geoheritage syaratnya harus mendapatkan persetujuan dari gubernur," ujarnya.

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm