Chevrolet Indonesia memberikan tips bagaimana menerjang banjir.(Chevrolet Indonesia)
Chevrolet Indonesia memberikan tips bagaimana menerjang banjir.(Chevrolet Indonesia) ( kompas.com)

Lakukan Ini Usai Mobil Dipaksa Menerjang Banjir

22 Februari 2021 22:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Kejadian Banjir masih menjadi ancaman bagi warga di tengah tingginya intensitas hujan yang terjadi.

Tidak hanya warga yang tinggal di daerah rawan banjir, tetapi juga bagi pengendara kendaraan yang sering terjebak banjir.

Bagi pengemudi mobil , mungkin masih bisa dikatakan lebih aman dari ancaman banjir bila ketinggian air tidak lebih dari setengah ban.

Walau begitu, bila kendaraan habis digunakan untuk menerjang genangan air pemilik harus segera melakukan pembersihan.

Didi Ahadi dari Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) mengatakan, setelah mobil digunakan untuk menerjang genangan air atau di bawah guyuran air hujan sebaiknya segera dibersihkan.

Hal ini karena kotoran bisa saja menempel pada bagian mobil, sehingga bila tidak segera dibilas atau dibersihkan bisa saja kotoran akan mengering sehingga sulit dihilangkan.

“Mobil yang baru saja digunakan menerjang banjir atau saat hujan sebaiknya dicuci atau dibilas menggunakan air tawar atau sumur, tujuannya agar kotoran tidak menempel di bodi mobil maupun kacanya,” kata Didi kepada Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Ditambahkan Didi, dengan rutin membilas mobil usai dipakai menerjang banjir atau hujan maka kotoran yang menempel akan lebih mudah dihilangkan.

“Jika mobil segera dicuci maka kotoran yang menempel akan lebih mudah dibersihkan, tetapi jika dibiarkan sampai mengering susah dibersihkan,” ujar Didi.

CEO XTO Car Care Christopher Sebastian mengatakan, air hujan bisa memberikan dampak yang tidak baik pada mobil.

Kandungan asam yang ada pada air hujan bisa menyebabkan karat pada bagian mobil, terutama bagian bawah yang didominasi bahan besi.

“Sebaiknya setelah sampai di rumah mobil langsung dibilas menggunakan air biasa dan lap sampai benar-benar kering,” katanya.

Dengan mengeringkan secara maksimal maka akan mencegah timbulnya jamur pada bagian kaca.

"Potensi timbul jamur di bagian kaca hingga ke bodi akan lebih besar jika pengeringan tidak sempurna. Tetapi, kalau sering dibilas potensi itu menjadi lebih kecil," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lakukan Ini Setelah Mobil Dipaksa Menerjang Banjir", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/22/122100215/lakukan-ini-setelah-mobil-dipaksa-menerjang-banjir.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm