Fabio Quartararo dengan Yamaha M1 dan tim baru. (GIGI SOLDAN0 MILAGRO)
Fabio Quartararo dengan Yamaha M1 dan tim baru. (GIGI SOLDAN0 MILAGRO) ( kompas.com)

Quartararo Sebut Bobot Yamaha M1 Sedikit Berlebihan

22 Februari 2021 22:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Fabio Quartararo akan memulai musim ini bersama tim pabrikan Yamaha. Pebalap asal Prancis tersebut yakin bisa mengembangkan YZR-M1 jadi lebih baik.

Quartararo mengatakan, dirinya cukup sensitif sebagai pebalap. Dia bisa merasakan apakah ada sesuatu yang berubah atau tidak pada motor .

"Menurut saya, ini adalah salah satu kekuatan saya dan mengembangkan motor cukup penting," ujar Quartararo, dikutip dari Speedweek.com, Senin (22/2/2021).

Pebalap dengan nomor start 20 tersebut mengaku bisa memberikan umpan balik pada Yamaha terkait pengembangan motor. Menurutnya, Yamaha musim lalu bermasalah dengan konsistensi, terlepas dari tiga kememangan yang dia raih.

Quartararo yakin dengan tahun ini, karena sepertinya Yamaha melakukan pekerjaan yang baik. Secara pribadi, dirinya tidak meminta banyak, namun sepertinya semua pebalap Yamaha menginginkan hal yang sama.

"Grip yang lebih baik pada ban belakang dan lebih kencang. Dari sudut pandang saya, kami harus bekerja pada sektor aerodinamika dan bobot motor," kata Quartararo.

Menurutnya, bobot motor sedikit berlebihan. Quartararo bahkan harus diet, lari, dan makan sesedikit mungkin hanya untuk mengurangi bobot setengah kilo.

"Menurut saya, tim bisa melakukan yang lebih baik dari saya. Saya punya batas. Saya tahu Yamaha bekerja dengan baik. Dengan motor lebih ringan, tidak hanya membantu secara mental dan fisik, tapi juga untuk top speed," ujar Quartararo.

Yamaha M1, menurut Quartararo, sudah cukup kencang. Namun, ada beberapa hal yang membuatnya jadi lebih lambat. Jadi, walaupun tidak mungkin untuk mengganti mesin tahun ini, tapi tetap ada cara untuk menggali potensi motor.

"Penting untuk percaya pada proyek Yamaha ini. Sebab, mudah untuk mengatakan motor ini tidak bagus. Tapi, jika Anda percaya pada teknisi Jepang dan menunjukkan pada mereka bahwa Anda percaya mereka, menurut saya, itu akan lebih memotiviasi mereka," kata Quartararo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Quartararo Sebut Bobot Yamaha M1 Terlalu Berat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/22/084200615/quartararo-sebut-bobot-yamaha-m1-terlalu-berat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm