Ilustrasi membersihkan lantai keramik kamar mandi.
Ilustrasi membersihkan lantai keramik kamar mandi. ( SHUTTERSTOCK/ETAPHOP PHOTO)

Ternyata 8 Bahan Ini Tidak Boleh Dibersihkan dengan Air, Apa Saja ?

28 Februari 2021 16:47 WIB

SonoraBangka.id - Tidak sedikit dari kita yang beranggapan, bahwa air adalah bahan pembersih paling aman untuk material apapun.

Tapi, ternyata tidak demikian. Ada beberapa bahan yang sebaiknya tidak dibersihkan menggunakan air karena malah bisa merusaknya.

Melansir Reader's Digest, beberapa bahan tersebut antara lain:

1. Beludru

Jangan gunakan air untuk membersihkan barang dengan bahan beludru atau kain berbulu halus lainnya, seperti suede atau serat mikro.

Menurut pemilik All Star Cleaning Services, Laura Smith, ketika serat bahan-bahan tersebut basah dan mengering, seratnya bisa tersangkut pada posisi ketika terakhir mengering.

"Hasilnya, kamu bisa saja mendapatkan pola gesekan yang akan permanen," katanya.

Smith merekomendasikan menyewa jasa pembersih profesional untuk membersihkan kain berbulu halus.

Para profesional akan membersihkannya menggunakan sikat khusus untuk memastikan bahannya terlihat bagus seperti baru.

2. Kayu

Benda berbahan kayu, seperti lantai kayu, instrumen atau alat musik, terkadang sulit dibersihkan karena terdiri dari bahan yang berbeda.

Namun, beberapa benda dengan material kayu bisa rusak jika dibersihkan dengan air.

Tyler Harris, yang menjalankan perusahaan pembersih untuk perumahan mewah yang berbasis di New Jersey, mengatakan bahwa membersihkan instrumen kayu dengan air dapat menyebabkan bahan berubah warna dan retak.

Untuk membersihkan benda dengan bahan kayu, disarankan untuk secara teratur membersihkannya dengan kain serat mikro, menggunakan semir kayu atau minyak lemon untuk melindungi materialnya, atau untuk alat musik berbahan kayu, gunakan pembersih khusus.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm