Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

8 Penyebab Flek Hitam Di Kulit Yang Harus Anda Waspadai

2 Maret 2021 18:03 WIB


SonoraBangka.Id - Flek hitam pada kulit atau hiperpigmentasi terjadi ketika beberapa area kulit menghasilkan lebih banyak melanin daripada biasanya.

Melanin adalah pigmen pemberi warna pada mata, kulit, dan rambut. Flek hitam atau bintik hitam di kulit biasanya tidak perlu dikhawatirkan dan tidak memerlukan perawatan.

Meski demikian, beberapa orang mungkin memilih untuk menghilangkannya karena dianggap menganggu penampilan, terlebih jika flek hitam muncul di area wajah

Penyebab flek hitam di kulit

Ada beberapa penyebab flek hitam yang berbeda. Ini mungkin termasuk:

1. Kerusakan akibat paparan sinar matahari

Juga disebut sunspots, orang-orang dapat mengembangkan flek hitam pada kulit mereka setelah terkena sinar matahari atau penggunaan tanning bed.

Area tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, tangan, atau lengan, kemungkinan besar mengalami sun spot.

2. Perubahan hormonal

Melasma adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak kecil perubahan warna kulit. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita, terutama saat hamil. Menurut American Academy of Dermatology, hormon dapat memicu melasma.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm