Ilustrasi film di bioskop
Ilustrasi film di bioskop ( (Ilustrasi | Shutterstock) )

Pelaku Industri Perfilman Indonesia Kirim Surat Terbuka Kepada Presiden Jokowi

6 Maret 2021 14:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Setelah para pekerja seni mengirimi surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo, kini giliran para pelaku industri perfilman yang melakukan hal serupa.

Para sineas mengirim surat terbuka dengan harapan agar industri film bisa kembali bergulir seperti sebelum pandemi Covid-19.

Dalam suratnya, insan perfilman mencurahkan keresahan mereka karena bioskop masih tetap ditakuti masyarakat walau sudah beroperasi 50 persen.

Dampak dari minimnya pengunjung, para pekerja bioskop kini terancam kehilangan pekerjaannya.


Sementara, kasus pembajakan film semakin marak terjadi di tengah pandemi. Pemerintah pun terkesan selalu abai dalam mengurus masalah pembajakan di negeri ini.

" Bioskop harus bisa bertahan karena di sanalah film-film kami dipertemukan dengan penontonnya. Pembajakan film harus segera diberantas tuntas karena itu adalah potensi ekonomi digital untuk dieksplorasi pelaku industrinya dan ada hak pemasukan negara di dalamnya untuk membangun Indonesia," bunyi surat surat terbuka tersebut.

Dalam surat terbuka itu, para insan perfilman berharap agar pemerintah Indonesia bisa memberikan bantuan kepada mereka yang terdampak pandemi Covid-19.


"Kami sangat berharap koordinasi pemerintah Indonesia melalui kementerian yang terkait di Kabinet Indonesia Maju dan Satuan Tugas Covid-19 untuk bisa memberikan bantuan kepada perfilman Indonesia melalui berbagai paket stimulus, subsidi, serta perlindungan hukum dan kesehatan," bunyi lanjutan dari suratnya.

Bantuan dari pemerintah dipercaya bisa memberikan angin segar bagi para pelaku perfilman Indonesia untuk tetap bisa bekerja membuat film, menayangkannya, dan memberikan rasa aman ke penonton untuk kembali ke bioskop.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pelaku Industri Perfilman Indonesia Kirim Surat Terbuka untuk Presiden", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/03/06/095738766/pelaku-industri-perfilman-indonesia-kirim-surat-terbuka-untuk-presiden.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm