Unggahan The Rock di Instagram yang menunjukkan dirinya mencoba terapi bekam atau cupping
Unggahan The Rock di Instagram yang menunjukkan dirinya mencoba terapi bekam atau cupping ( instagram)

Apa Itu Terapi Bekam, Sehingga The Rock Pun Tertarik Mencobanya ?

9 Maret 2021 14:11 WIB

SonoraBangka.id - Akhir-akhir ini terapi bekam menjadi pusat perhatian lagi, dikarenakan Dwayne " The Rock" Johnson yang membagikan foto instagram dengan keadaan punggung yang dipenuhi memar melingkar akibat terapi bekam. 

Namun The Rock bukanlah sosok terkenal pertama yang mencoba bekam sebagai bentuk terapi; perenang Michael Phelps pernah mencobanya juga dan bekasnya terlihat di Olimpiade 2016.

Terapi bekam sendiri sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, maupun beberapa negara di dunia.

Dilansir dari Men's Health, bekam adalah metode pengobatan dari Tiongkok untuk mengobati rasa sakit setelah berolahraga, dengan meletakkan cangkir kaca yang bagian dalamnya dipanaskan di kulit,  menciptakan ruang hampa yang menarik jaringan.

Michael Phelps

Ada dua kategori bekam yang dapat dipilih berdasarkan preferensi dan keadaan kesehatan anda yang ditentukan oleh praktisi terpercaya, yaitu: Bekam Kering hanya menggunakan metode isap saja.

Bekam basah melibatkan pengisapan dan pengeluaran darah yang terkontrol. 

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari terapi ini, disarankan untuk berpuasa atau sekedar memakan makanan ringan selama dua hingga tiga jam sebelum sesi bekam.

Terapi bekam dilakukan dengan meletakkan cangkir di atas kulit dan kemudian dipanaskan sehingga menempel di kulit.

Cangkir bisa dipanaskan dengan api menggunakan alkohol, herba, atau kertas yang ditempatkan langsung ke dalam cangkir.

Begitu api dihilangkan, cangkir yang dipanaskan segera ditempelkan dengan sisi terbuka langsung di kulit Anda.

Namun, untuk cara yang lebih modern, bekam dapat menggunakan pompa karet untuk membuat metode hisap dibandingkan dengan metode panas yang lebih tradisional.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm