Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Tahukah Anda Mengapa Trigliserida Tinggi Perlu Diwaspadai?

11 Maret 2021 10:29 WIB


SonoraBangka.Id - Jika Anda telah mengawasi tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh, ada hal lain yang mungkin perlu Anda pantau juga, yakni trigliserida.

Trigliserida adalah sejenis lemak (lipid) yang ditemukan dalam darah. Saat Anda makan, tubuh Anda mengubah kalori yang tidak perlu langsung digunakan menjadi trigliserida.

Trigliserida disimpan di sel lemak. Kemudian, hormon akan melepaskan trigliserida untuk energi di antara waktu makan.

Jika Anda secara teratur makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar, terutama dari makanan berkarbohidrat tinggi, Anda mungkin memiliki trigliserida tinggi (hipertrigliseridemia).

Berapa kadar trigliserida normal?

Tes darah sederhana dapat mengungkapkan apakah trigliserida Anda termasuk dalam kisaran yang sehat atau tidak. Ini kriteriannya:

  • Normal: Kurang dari 150 miligram per desiliter (mg/dL), atau kurang dari 1,7 milimol per liter (mmol/L)
  • Garis batas tinggi: 150 hingga 199 mg/dL (1,8 hingga 2,2 mmol/L)
  • Tinggi: 200 hingga 499 mg/dL (2,3 hingga 5,6 mmol/L)
  • Sangat tinggi: 500 mg/dL atau lebih (5,7 mmol/L atau lebih)

Dokter Anda biasanya akan memeriksa trigliserida tinggi sebagai bagian dari tes kolesterol, yang terkadang disebut panel lipid atau profil lipid. Anda harus berpuasa sebelum darah dapat diambil untuk pengukuran trigliserida yang akurat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm