Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Anda Harus Tahu 5 Buah untuk Mengatasi Sembelit secara Alami

11 Maret 2021 10:47 WIB


SonoraBangka.Id - Makan makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah adalah salah satu cara mengatasi sembelit secara alami.

Sembelit adalah kondisi susah buang air besar karena terdapat kotoran yang menyumbat usus. Susah buang air besar dikatakan konstipasi atau sembelit apabila frekuensi buang hajat kurang dari tiga kali seminggu.

Gangguan pencernaan ini acapkali membuat penderitanya tidak nyaman karena memicu perut kembuh, begah, atau sakit.

Penyebab sembelit salah satunya karena pola makan kurang serat. Selain itu, masalah kesehatan ini juga disebabkan kurang cairan, tidak pernah olahraga, stres, efek samping obat tertentu, atau baru menjalani operasi.

Cara mengatasi sembelit bisa dilakukan dengan berbagai jalan. Salah satunya dengan mengonsumsi obat alami sembelit yakni serat larut air dari sayuran dan buah.

Anda disarankan untuk mengonsumsi serat alami dari sayur atau buah setidaknya 20 sampai 30 gram per hari.

Setiap buah pada dasarnya baik dimakan di setiap sesi makan dan camilan untuk mencukupi kebutuhan beragam nutrisi. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm