Penyanyi Billie Eilish memborong trofi Grammy Awards 2020. Eilish meraih trofi Best New Artist hingga Record of the Year.
Penyanyi Billie Eilish memborong trofi Grammy Awards 2020. Eilish meraih trofi Best New Artist hingga Record of the Year. ( KOMPAS.com)

Para Pembuat Sejarah Grammy Awards

14 Maret 2021 15:39 WIB

SonoraBangka.ID - Sejak penyelenggaraan pertamanya pada 1959, Grammy Awards telah mencatat banyak sejarah di dunia musik.

Berikut ini para artis musik yang telah membuat sejarah di ajang penghargaan musik bergengsi tersebut. Siapa saja mereka?

1. Georg Solti

Konduktor orkestra George Solti mengumpulkan 31 trofi Grammy Awards sepanjang kariernya. Dia juga pengumpul Grammy terbanyak pada kategori musik klasik.

Kemenangan terakhirnya terjadi pada 1997 ketika dia dianugerahi Best Opera Recording untuk karyanya "Die Meistersinger von Nurnberg".

2. U2

U2 merupakan pemegang rekor pemenang Grammy terbanyak untuk grup musik. Sejak dibentuk pada 1976, U2 telah membawa pulang 22 penghargaan Grammy.

Band beranggota Bono, The Edge, Adam Clayton, dan Larry Mullen Jr itu antara lain mengumpulkan tujuh gelar Best Best Rock Performance by a Duo or Group, serta Album of the Year, Record of the Year, Song of the Year, and Best Rock Album, masing-masing dua kali.

3. LeAnn Rimes

LeAnn Rimes adalah pemenang Grammy Awards termuda sepanjang sejarah. Dia mendapatkan Grammy pertamanya di usia 14 tahun dengan album Blue.

Rimes melakukan debut pada usia 14 tahun dengan album Blue. Album bergenre country itu mencetak sukses besar.

4. Pinetop Perkins

Pinetop Perkins mendapat Grammy di usia 97 tahun pada 2011. Itu menjadikannya pemenang tertua Grammy Awards. Satu bulan setelah menggenggam Grammy, Perkins meninggal dunia.

5. Michael Jackson

Michael Jackon mendapat delapan Grammy pada 1984 untuk album Thriller. Grammy yang diraihnya antara lain Record of the Year untuk lagu "Beat It" dan Album of the Year untuk Thriller.

6. Santana

Santana menyamai rekor yang dipegang Michael Jackson. Dia membawa pulang 8 Grammy pada 2000 untuk album Supernatural.

7. Christopher Cross, Adele, dan Billie Eilish

Sepanjang sejarah Grammy, hanya tiga orang yang berhasil mengumpulkan Grammy untuk empat kategori umum, mereka dalah Christopher Cross, Adele, dan Billie Eilish.

Mereka dianugerahi Grammy untuk Record of the Year, Album of the Year, Song of the Year, dan Best New Artist.

Cross mendapatkannya pada 1981 dan Billie Eilish pada 2020.

Sedangkan Adele mengoleksi empat penghargaan itu dalam tiga periode, yakni Best New Artis pada 2009, dan tiga lainnya pada 2012 dan 2017.

8. Pat Metheny

Musisi jazz Pat Metheny dan bandnya Pat Metheny Group telah memenangi 20 Grammy sepanjang kariernya.

9. Aretha Franklin

Aretha Franklin merebut penghargaan Best Female R&B Vocal Performance setiap tahun, dari 1968 hingga 1975.

Total dia memiliki 11 penghargaan Grammy pada kategori itu setelah memenanginya lagi pada 1982, 1986, dan 1988.

10. Quincy Jones

Quincy Jones merupakan artis musik yang mendapat nominasi terbanyak sepanjang sejarah Grammy.

Total dia dinominasikan 79 kali dan meraih 27 Grammy. Catatan itu memasukkan dalam tiga besar peraih Grammy terbanyak.

11. Snoop Dog dan Morten Lindberg

Dua musisi ini telah mendapat 17 nominasi Grammy, namun tidak pernah memenanginya satu kali pun.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Para Pembuat Sejarah Grammy Awards ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/03/14/130400466/para-pembuat-sejarah-grammy-awards-?page=3.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm