Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Mengenal Komplikasi Kronis dan Akut Pada Pasien Diabetes

15 Maret 2021 09:36 WIB


SonoraBangka.Id - Efek kadar gula darah yang tinggi memang sangat fatal. Tak hanya membuat tubuh lemah, kadar gula darah tinggi bisa merusak bagian tubuh kita, termasuk kaki dan mata.

Diabetes memang bisa memicu komplikasi serius. Itu sebabnya penderita diabetes perlu melakukan langkah pencegahan.

Komplikasi diabetes bisa bersifat kronis dan akut.  Komplikasi kronis terjadi dalam jangka panjang dan bertahap, sedangkan komplikasi akut bisa terjadi kapan saja.

Komplikasi kronis

Kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan serius jika tidak segera ditangani. Berikut komplikasi akut yang bisa terjadi pada pasien diabetes:

1. Masalah mata atau retinopati

Beberapa penderita diabetes bisa mengalami penyakit mata yang disebut retinopati diabetik. Komplikasi ini bisa memengaruhi penglihatan.

2. Masalah pada kaki

Penderita diabetes juga berisiko tinggi mengalami masalah pada kaki yang bisa menyebabkan amputasi jika tidak ditangani.

Kerusakan saraf dapat memengaruhi saraf di kaki dan peningkatan gula darah dapat merusak sirkulasi, sehingga memperlambat penyembuhan luka.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm