Sepatbor depan Yamaha YZR-M1 yang baru dan cover rem cakram dibuat lebih aerodinamis (David Goldman)
Sepatbor depan Yamaha YZR-M1 yang baru dan cover rem cakram dibuat lebih aerodinamis (David Goldman) ( kompas.com)

Rossi Puas dengan Menggunakan Sepatbor Baru Yamaha M1

18 Maret 2021 15:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Valentino Rossi mengaku cukup puas dengan hasil sesi tes pra-musim di Sirkuit Losail, Qatar, beberapa waktu lalu. Dia merasa ada peningkatan sejak motor menggunakan sepatbor baru.

Rossi menyelesaikan sesi tes di Qatar dengan posisi kedelapan. Di hari-hari sebelumnya, pebalap asal Italia ini tidak sanggup masuk sepuluh besar.

Sesi tes bagian pertama yang hanya digelar dua hari, Rossi hanya sanggup berada di urutan ke-14. Lalu, di hari kedua, malah turun jadi posisi ke-20. Catatan waktu terbaiknya hanya 1 menit 55,584 detik dengan top speed hanya 336,4 km/jam.

Pada sesi tes bagian kedua yang digelar tiga hari, baru terlihat adanya peningkatan setelah Yamaha YZR-M1 miliknya menggunakan sepatbor dan cover rem cakram yang baru.

Sepatbor depannya tidak tertutup di bagian atasnya. Bentuk ini diyakini dapat menurunkan temperatur ban agar tidak terlalu panas. Selain itu, cover rem cakram juga dibuat lebih aerodinamis.

Sayangnya, di hari ketiga sesi tes terjadi angin kencang yang membuat sirkuit menjadi kotor dan licin karena banyak pasir. Hal ini tentu membuat risiko terjatuh menjadi lebih besar.

"Sangat disayangkan, karena kami punya beberapa hal lain untuk dicoba, termasuk simulasi balap. Tapi, untuk yang lainnya, keseimbangan motor cukup positif. Khususnya di dua hari terakhir kami meningkatkan cukup pesat untuk motor, grip, feeling," ujar Rossi, dikutip dari Crash.net, Rabu (17/3/2021).

Di bagian kedua sesi tes pra-musim ini, Rossi meningkatkan catatan waktunya cukup tajam. Tercatat waktu terbaiknya tembus 1 menit 53,993 detik. Sedangkan top speed, tembus hingga 343,9 km/jam.

"Saya bisa mengendarai motor dengan cara lebih baik. Saya jauh lebih kencang dibanding tahun lalu di time attack dan khususnya di kecepatan balap," kata Rossi.

Walau demikian, peningkatan tersebut belum cukup untuk mengalahkan top speed Ducati yang tembus hingga 350 km/jam. Di sirkuit yang banyak trek lurusnya, Yamaha bisa kesulitan mengejar Ducati.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rossi Puas dengan Sepatbor Baru Yamaha M1", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/18/084200115/rossi-puas-dengan-sepatbor-baru-yamaha-m1.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm