Karet Wiper ( toyotadisamarinda.com)
Karet Wiper ( toyotadisamarinda.com) ( kompas.com)

Cek Kondisi Wiper Jika Mobil Lama Diparkir

21 Maret 2021 19:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Wiper mobil tidak bisa dianggap remeh. Komponen ini berperan penting dalam menyeka air yang menutupi kaca mobil agar pengendara tetap bisa melihat kondisi di luar mobil.

Untuk mobil yang sudah berbulan-bulan tidak digunakan, pemilik mobil wajib mengecek kondisi wiper di samping memanaskan mesin dan memeriksa sistem kelistrikan.

Walau Indonesia sebentar lagi akan memasuki musim kemarau, beberapa wilayah masih diguyur hujan tiap harinya. Maka wiper harus selalu dalam keadaan optimal agar dapat berfungsi dengan baik.

Saat mobil terparkir, wiper umumnya berada pada kondisi menempel pada kaca. Bila kondisi tersebut berlangsung selama berbulan-bulan, komponen karet pada wiper dapat rusak.

"Wiper itu kalau posisinya nempel di kaca terus biasanya akan getas. Jika sudah getas, karet wiper bisa pecah-pecah. Ini dapat menyebabkan wiper tidak berfungsi baik untuk menyeka air pada kaca," kata Muhammad Zuhdi, Service Technical & Warranty Senior Manager PT Honda Prospect Motor beberapa waktu lalu.

Segera ganti karet pada wiper bila sudah dalam kondisi getas. Penggantian karet wiper bertujuan agar kerja wiper lebih optimal.

Ingat untuk rutin merawat wiper seperti memberi pelumas pada poros wiper.

Saat mencuci mobil, jangan mengelap karet wiper. Cukup bilas dengan air bersih dan biarkan mengering sendiri dengan posisi wiper terangkat atau terbuka.

Namun jangan lupa untuk mengembalikan posisi wiper kembali saat kondisi sudah kering.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cek Kondisi Wiper bila Mobil Lama Diparkir", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/20/164100515/cek-kondisi-wiper-bila-mobil-lama-diparkir.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm