Alami Kelainan Langka, Wanita ini Menangis Darah dari Mata selama Menstruasi
Alami Kelainan Langka, Wanita ini Menangis Darah dari Mata selama Menstruasi ( via Tribunnews.com )

Kasus Langka ! Mengeluar kan Air Mata Darah Saat Haid. Penyebabnya?

27 Maret 2021 18:09 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya, siklus haid seorang perempuan umumnya ditandai dengan keluarnya darah dari vagina.

Namun, bagaimana jika darah juga keluar dari mata saat menstruasi berlangsung?

Baru-baru ini, seorang dokter mendapati pasiennya yang berusia 25 tahun mengeluarkan air mata darah saat sedang haid.

Kondisi yang terbilang langka ini dikenal sebagai "menangis darah" atau hemolacria, yang terjadi akibat penyebab yang berbeda-beda.

"Dalam beberapa kasus, hemolacria terjadi bertepatan di awal masa haid, tapi dengan keadaan mata yang normal dan tidak sakit atau terluka," tulis dokter tersebut dalam laporannya.

Pada dasarnya, siklus haid normal terkadang dapat memicu perdarahan di luar rahim, yang dikenal sebagai vicarious menstruation.

Menurut laporan itu, tetesan air mata darah kemungkinan mewakili konvergensi yang sangat tidak biasa dari dua kondisi yakni vicarious menstruation dan hemolacria saat sedang haid.

Meskipun menangis darah ketika masa haid tampaknya mengkhawatirkan, namun dokter tidak menemukan kerusakan pada mata.

Artinya, kondisi menangis darah itu tidak disertai dengan sakit kepala dan masalah kesehatan lainnya.

Para peneliti dalam jurnal BMJ Case Reports edisi Maret juga menuliskan, tidak ada tanda-tanda kelainan pada sinus atau saluran air mata saat seorang perempuan menangis darah.

Penyebab hemolacria Berdasarkan laporan yang diterbitkan pada 14 Februari oleh National Center for Biotechnology Information, ada sejumlah penyebab umum terjadinya hemolacria.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm