Desain helm Valentino Rossi untuk MotoGP 2021 dengan motif Soleluna terbaru (Dok. AGV)
Desain helm Valentino Rossi untuk MotoGP 2021 dengan motif Soleluna terbaru (Dok. AGV) ( kompas.com)

Pesan Mendalam di Balik Desain Helm Rossi pada MotoGP 2021

27 Maret 2021 22:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Valentino Rossi selalu menjadi sorotan, bukan hanya karena performanya, namun juga apa pun yang dikenakannya. Termasuk desain helm yang dia gunakan untuk MotoGP 2021 ini.

MotoGP musim ini tercatat sebagai musim ke-25 Rossi balapan di Grand Prix. Pebalap berusia 42 tahun tersebut sudah mengoleksi 115 kemenangan, 199 podium, dan 9 gelar juara dunia.

Selama karir balapnya itu, motif Soleluna (matahari dan bulan) selalu menghiasi helm dan baju balap Rossi. Bahkan, motif tersebut sudah menjadi ciri khasnya.

Untuk desain motif musim ini, Aldo Drudi dari Drudi Performance selalu dipercayanya untuk menuangkan konsep yang ada di kepala Rossi.

"Awalnya, Vale ingin bertahan dengan helmnya yang dia gunakan selama dua musim terakhir, biru dan kuning," ujar Drudi, kepada Men On Wheels, dikutip dari Rideapart.com, Jumat (26/3/2021).

Drudi mengacu pada desain yang digunakan Rossi selama musim 2018 hingga 2020. Grafis sederhana helm tersebut menggabungkan warna tim Yamaha dan Vale Yellow yang ikonik dari Rossi. tapi, Rossi pindah ke tim satelit Petronas Yamaha mulai tahun 2021.

Desain helm terbarunya memperingati waktu yang dihabiskan Rossi bersama Yamaha dan tim barunya dengan tema matahari terbit dan terbenam.

Gradien di setiap sisi helm mewakili transisi dari senja ke fajar, dan kembali lagi. Walaupun banyak yang menganggap Rossi di masa senja karirnya, namun dia melihat transisi sebagai babak baru.

"Vale sangat tertarik pada simbol dan juga simbologi, dan jika Anda memutar helm, Anda akan mengalami malam, matahari terbit, terbenam, malam, matahari terbit, terbenam: siklus yang menutup dan diperbarui pada saat yang sama, dan inilah yang sangat disukai Vale dan saya untuk menandai tahun 2021 ini," kata Drudi.

Selama bertahun-tahun, Rossi sudah tidak begitu kompetitif. Kemenangan terakhirnya bahkan diraih pada 2017 lalu dan di musim 2020 hanya sanggup mengoleksi satu podium.

Rossi memang tidak lagi mendominasi seperti dulu. Namun, itu bukan berarti pebalap yang dijuluki The Doctrmor tersebut sudah tak lagi menjadi bintang terbesar di MotoGP. Pesan tersebut juga disampaikan melalui helmnya.

“Matahari dan bulan, ketika Anda melihatnya, Anda tidak pernah melihatnya secara sempurna, dengan garis-garis tajam, karena mereka adalah sumber cahaya, oleh karena itu kami telah mengaburkan motifnya,” ujar Drudi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Makna Mendalam di Balik Desain Helm Rossi pada MotoGP 2021", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/27/072200615/makna-mendalam-di-balik-desain-helm-rossi-pada-motogp-2021.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm