Ilustrasi di vaksin
Ilustrasi di vaksin ( KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Bolehkah "Nongkrong" Bersama Teman Jika Sudah Divaksin Covid-19 ?

28 Maret 2021 16:43 WIB

SonoraBangka.id - Hingga saat ini program vaksinasi Covid-19 terus diperluas di Indonesia. 

Dimana vaksinasi memang bertujuan untuk memicu kekebalan tubuh sehingga mengurangi risiko keparahan jika terinfeksi Covid-19.

Walau demikian, para ahli mengingatkan agar kita tetap menjaga protokol kesehatan walau sudah mendapatkan vaksinasi lengkap (dua dosis).

Sebelum kamu memutuskan untuk nongkrong dengan teman atau liburan, sangat penting untuk mengetahui jangka waktu tubuh mencapai kekebalan maksimum setelah divaksin.

Selain itu, ada baiknya bertemu dengan orang yang sudah divaksin ketimbang yang belum.

“Untuk vaksin Pfizer atau Moderna, kamu harus menunggu setidaknya 2 minggu dari dosis kedua,” kata Dr. Krystina Woods, ahli epidemiologi rumah sakit dan direktur medis pencegahan infeksi di Mount Sinai West di New York City.

Sementara itu, pakar biologi molekuler Indonesia Ahmad Utomo menjelaskan, antibodi akan terbentuk dengan maksimal setelah kita mendapat vaksin Sinovac dosis kedua.

Ahmad Utomo menyebut, munculnya sistem imun setelah divaksinasi berbeda pada masing-masing orang.

"Mayoritas belum banyak yang muncul (pada vaksin dosis I) dan sebagian orang sudah muncul.

Tapi biasanya, munculnya antibodi setelah vaksin kedua lebih banyak," kata Ahmad, Jumat (26/3/2021) kepada Kompas.com.

Pertimbangan nongkrong atau aktivitas outdoor Menurut CDC, aman bagi orang yang divaksinasi penuh untuk mengunjungi orang lain yang telah divaksinasi penuh di dalam ruangan tanpa masker atau jarak fisik.

Tetapi, para ahli mengatakan ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm