Afgan
Afgan ( KOMPAS.com/Melvina Tionardus)

Pantangan Afgan Sebelum Manggung agar Suara Tetap Terjaga

7 April 2021 10:47 WIB

SonoraBangka.ID - Sebagai penyanyi, Afgan berujar tidak punya kiat sulit untuk menjaga suara merdunya. Biasa Afgan menjalankan sejumlah pantangan sebelum manggung.

"Kalau misalnya hari itu nyanyi, aku enggak makan minyak-minyak. Kalau aku ngaruh banget (efeknya). Enggak ngerokok, enggak minum kopi seharian. Tapi habis nyanyi, minum," kata Afgan, dikutip dari kanal YouTube WAW Entertainment, Selasa (6/4/2021).

Afgan masih bisa mengonsumsi makanan manis, tetapi tidak dengan buah.

"Makan buah tuh jangan sebelum nyanyi, karena buah itu ada getahnya," ujar Afgan.

Kata Afgan, jika seorang penyanyi kerap berdeham, itu justru semakin membuat pita suara rusak. Afgan pun sempat mengalami ada yang tidak beres dengan pita suaranya. 

Dengan adanya pandemi, Afgan diuntungkan karena ia bisa mengistirahatkan suaranya dan akhirnya sembuh Kurang tidur dari delapan jam bisa pula membuat suaranya tidak keluar sempurna.

Sebelum menyanyi, Afgan biasanya pemanasan suara 10 menit.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pantangan Afgan Sebelum Manggung agar Suara Tetap Terjaga", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/04/06/182028366/pantangan-afgan-sebelum-manggung-agar-suara-tetap-terjaga.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm